PENGARUH JENIS MULSA ALAMI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR HARAPAN TOMAT HASIL PERSILANGAN PADA BUDIDAYA ORGANIK

  • Farida Aryani Fakultas Pertanian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Sri Rustianti Fakultas Pertanian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis mulsa alami terbaik bagi pertumbuhan dan hasil galur harapan tomat hasil persilangan pada budi daya organik serta untuk mendapatkan galur harapan tomat pada mulsa alami yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Telaga Dewa Kecamatan Selebar Kodya Bengkulu pada bulan Maret sampai Agustus 2016. Rancangan penelitian yang digunakan rancangan split plot, sebagai petak utama adalah jenis mulsa alami dengan 3 macam jenis mulsa alami yaitu tempat mulsa (M0), mulsa jerami padi (M1) dan mulsa sekam padi (M2) dan sebagai anak petak adalah 4 galur harapan tomat hasil persilangan pada budidaya organik. Pelakuan di ulang sebanyak 3 kali. Data hasil pengukuran yang diperoleh diuji dengan uji Fisher (F) atau sidik ragam. Bila uji F menunjukkan berpengaruh nyata atau sangat nyata maka dilanjutkan dengan uji SMRI dengan saraf uji 0.05. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis mulsa alami berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa galur harapan tomat hasil persilangan pada budidaya organik dan tidak ada perbedaan pertumbuhan dan hasil masing-masing galur harapan tomat hasil persilangan pada budidaya organik.
Kata kunci : Mulsa alami, galur harapan tomat budidaya organik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-08
How to Cite
ARYANI, Farida; RUSTIANTI, Sri. PENGARUH JENIS MULSA ALAMI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GALUR HARAPAN TOMAT HASIL PERSILANGAN PADA BUDIDAYA ORGANIK. JURNAL AGROQUA: Media Informasi Agronomi dan Budidaya Perairan, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 19-25, may 2017. ISSN 2598-4071. Available at: <http://journals.unihaz.ac.id/index.php/agrogua/article/view/25>. Date accessed: 12 dec. 2017.