PERAN LEMBAGA PEMBIAYAAN DALAM PENGEMBANGAN USAHATANI SAYURAN (KUBIS) DI DESA AIR DUKU KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Authors

  • indah fitria indah Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.32663/ja.v16i2.437

Keywords:

lembaga pembiayaan, usahatani sayuran

Abstract

Peran Lembaga Pembiayaan bagi petani sangatlah penting, karena lembaga pertanian banyak mendukung kegiatan usahatani. Dalam pembangunan pertanian Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani, dan salah satu provinsi yang penduduknya sebagian adalah petani yaitu provinsi Bengkulu.

Sektor pertanian di Provinsi Bengkulu meliputi sub sektorĀ  perkebunan, tanaman pangan, perikanan, dan hortikultura. Sub sektor hortikultura ini banyak diusahakan di Provinsi Bengkulu khususnya daerah Kabupaten Rejang Lebong. Kelembagaan dan petani merupakan satu struktur yang tidak bisa dipisahkan. Semua usahatani sayuran yang dilakukan sejak dahulu hingga sekarang ada kaitannya dengan kelembagaan, baik kelembagaan petani, pemerintah maupun swasta.

References

Anonim.2008. Budidaya Sayur-sayuran. www. Naturanus.co.id.
Anonim. 2008. Pengertian Kelembagaan Menurut Para Ahlict Firefight. www.pffsea.com.
BPS. 2011. Kabupaten Rejang Lebong Dalam Angka 2010-2011. Bengkulu.
Cahyono, B.2008. Cara Meningkatkan Budidaya Kubis. Yayasan Pustaka Nusantara . Yogyakarta.
Saptana. 2010. Strategi Manajemen Resiko Petani Cabai Merah Pada Lahan Sawah Dataran Rendah di Jawa Tengah. Institut Pertanian Bogor. Vol.7. 2 Oktober 2010. Bogor.
Nurmanaf. 2006. Analisis Sistem Pembiayaan Mikro Dalam Mendukung Usaha Pertanian Di Pedesaan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian.
Nurmanaf. 2007. Lembaga Informal Pembiayaan Mikro Lebih Dekat Dengan Petani. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.Vol.5.Juni 2007. Hal 99-109. Bogor.
Yulisti, Triyanti. 2012. Peran Kelembagaan Dalam Mendukung Program Minapolitan Budidaya Di Kabupaten Sleman. Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Vol.7. No.1. Yogyakarta.
Darwis. 2007. Keragaan Pemanfaatan dan Sumber Pinjaman Usaha Tani Padi Sawah. Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian. Bogor.
Ronnie. 2012. Peran Kelembagaan Petani Dalam Mengatasi Mafia Pemasaran Produk Pertanian. Bandung

Published

2018-12-25

Issue

Section

Articles