PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK USAHA, KERAGAMAN PRODUK EKONOMI KREATIF DAN ETIKA PELAKU USAHA PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA DI KOTA BENGKULU

  • Veny Puspita Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Pengembangan Produk Usaha, Keragaman Produk Ekonomi Kreatif dan Etika Pelaku usaha Pariwisata terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata di Kota Bengkulu”. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner yang hasil datanya dioleh menggunakan instrument SPSS dengan hasil regresi linier  berganda  Y = 1,196  + 0,243X1 + 0,331 X2+ 0,412 X3 , perhitungan korelasi berganda sebesar R = 0,736, berarti pengaruh sama X1 (Pengembangan Produk Usaha) X2 (Keragaman Produk Ekonomi Kreatif)  dan X3 (Etika pelaku usaha) terhadap minat berkunjung  ke Objek wisata di Kota Bengkulu memiliki hubungan yang kuat karena angka 0,736. Hasil dari uji koofisien determinasi (R²) sebesar 52,7 %  sedangkan sisanya 47,3 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis dengan uji F, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh. Dimana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung> Ftabel (37,793> 2,70). Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t, hipotesis yang dibuat membuktikan ada pengaruh. Hasil pengujian untuk variabel X1(Pengembangan Produk usaha) menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (3,087 > 1,661) dan nilai signifikansi sebesar 0,003< 0,05. Variabel X2 (Keragaman Produk Ekonomi Kreatif) menunjukkan nilai  thitung lebih besar dari ttabel (3,561 > 1,661)  dan signifikansi sebesar 0,001< 0,05.Variabel X3 (Etika Pelaku usaha) menunjukkan  nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,328 > 1,661) dan nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05

Author Biography

Veny Puspita, Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu

Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Published
2020-01-20
How to Cite
PUSPITA, Veny. PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK USAHA, KERAGAMAN PRODUK EKONOMI KREATIF DAN ETIKA PELAKU USAHA PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA DI KOTA BENGKULU. CRMJ - Creative Research Management Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 11-24, jan. 2020. ISSN 2621-1092. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/crmj/article/view/1106>. Date accessed: 26 feb. 2020.
Section
Articles