Rancangan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah “Geografi Regional Indonesia” Untuk Mahasiswa Pendidikan Geografi

Authors

  • Putri Tipa Anasi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i2.1037

Keywords:

Rancangan, Blended Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan model blended learning pada mata kuliah geografi regional indonesia. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Pada penelitian ini, peneliti hanya pada sampai dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan desain rancangan model dimana design rancangan tersebut akan divalidasi oleh ahli e-learning. Berdasarkan analisis kinerja, didapatkan beberapa hal yaitu (1) proses pembelajaran masih didominasi oleh ceramah dan diskusi; (2) materi pembelajaran pada mata kuliah geografi regional indonesia sangat banyak sehingga materi tidak sepenuhnya tersampaikan; (3) Universitas Tanjungpura memiliki layanan yang mendukung e-elarning akan tetapi kurang dimanfaatkan oleh program studi pendidikan geografi.Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan beberapa hal yang perlu dikembangkan terlebih dahulu sebelum mengembangkan blended learning yaitu (1) RPS yang menunjang pembelajaran blended learning; (2) modul pembelajaran yang mendukung pembelajaran online; (3) video pembelajaran yang mendukung pembelajaran e-learning; serta (4) penugasan yang menunjang pembelajaran blended learning.Berdasarkan hasil validasi desaign, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa rancangan model blended learning pada mata kuliah Geografi Regional Indonesia yang dihasilkan adalah dimana pembelajaran model blended dengan strategi Flipped Clasroom ini terdiri atas 30% e-learning (4 pertemuan) dan 70% face to face (10 pertemuan) dengan 2 pertemuan UTS dan UAS secara tatap muka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bonk, C.J., & Graham, C.R. (2006). The handbook of blended learning environments: Global perspectives, local designs. San Francisco: Jossey?Bass/Pfeiffer : San Francisco.

Idris, Husni. 2011. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’ Vol 5 IAIN Metro Lampung : Lampung.

Matthew Comerchero. 2006. E-Learning Concepts and Technique.Institutefor Interactive Technologies, Bloomsburg University of Pennsylvania. USA

Sudarman. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur Pada Mahasiswa yang Memiliki Self-Regulated Learning Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 21 Nomor 1 April 2014.

Thorne, Kaye. 2003. Blended Learning: How to integrate online & traditional learning. Kagan Page Limited : London

Wahono, Satrio Romi. 2003. Pengantar E-Learning dan Perkembangannya. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Wardani, Deklara Nanindya dkk. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018.

Widiara, I Ketut. Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita Volume 2 Nomor 2 September 2018

Downloads

Published

2020-02-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)