Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jalur Evakuasi Dan Edukasi Bencana Tsunami Berbasis Android Pada Kecamatan Padang Barat Kota Padang

  • Sularno larno Sistem Informasi, Universitas Dharma Andalas, Jl. Sawahan No.103, Padang
  • Renita Astri universitas dharma andalas
  • Deni Irda Mazni universitas dharma andalas

Abstract

Bencana alam adalah suatu peristiwa luar biasa yang disebabkan oleh alam sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kehilangan harta benda, dan dampak psikologis. Salah satu bencana alam tersebut adalah gempa bumi dan tsunami. Kota Padang merupakan salah satu yang termasuk daerah yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Dengan fakta tersebut, pemerintah kota Padang membuat sejumlah tempat titik kumpul atau tempat berlindung (shelter) dengan dilaengkapi jalur rute evakuasi untuk warga kota Padang. Begitu juga di Kecamatan Padang Barat yang merupakan daerah terdekat dengan pantai dan memiliki jumlah penduduk yang tinggi. Dengan  adanya  sebuah  Sistem  Informasi Geografis (SIG), informasi dapat tersampaikan dengan bentuk visual yang didalamnya terdapat informasi terkait dengan jalur evakuasi tsunami dan edukasi dalam menghadapi bencana. Sehingga  masyarakat  dengan  mudah mengetahui jalur evakuasi menuju tempat aman dan mengurangi  dampak  resiko  dari  bencana alam yang akan datang.

References

Prahasta, E. (2014). Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika.
Lengkong, Hendra Nugraha, dkk. 2015. “Perancangan Penunjuk rute padakendaraan pribadi menggunakan aplikasi mobileGIS berbasis android yang terintegritas dengan google Map”. No ISSN. 2301-8402.
Kindarto, Asdani. (2008). Asyik Berinternet dengan Beragam Layanan Google. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Safaat, Nazruddin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.
Smith, R. (2017).Pengenalan, Pengertian dan Memahami Android Studio Lebih Dekat. Diambil dari http://www.komputerdia.com/2017/08/pengenalandan-memahami-android-studio-lebih-dekat.html.
Madcoms. (2011). Membangun Sistem Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi.
Igbal, Mohammad, dkk. 2012. “Sistem Innformasi Geografis Fasilitas Umum dan sosial di kabupaten serang menggunakan mapserver dan mysql spasial”. No ISSSN : 2089-8673.
Edy Irwansyah, S. M. (2013). Sistem informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: digibooks.
Nur, A. M. (2010). GEMPA BUMI, TSUNAMI DAN MITIGASINYA. Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung, 66-73.
Riyanto, Putra, P. E., & Riyanto, H. I. (2009). Pengembangan Aplikasi Geographic Information System (GIS) Berbasis Desktop dan Web. Yogyakarta: Gava Media.
Published
2020-06-30
How to Cite
LARNO, Sularno; ASTRI, Renita; MAZNI, Deni Irda. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jalur Evakuasi Dan Edukasi Bencana Tsunami Berbasis Android Pada Kecamatan Padang Barat Kota Padang. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 96-103, june 2020. ISSN 2615-4781. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/1206>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32663/georaf.v5i1.1206.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.