Potensi Sumber Daya Mineral Logam Dan Non Logam Di Provinsi Sumatera Bara

  • Wilma Septia Universitas Negeri Jakarta
  • Muhammad Zainul Mafakhir Universitas Negeri Jakarta
  • Noor Muhammad Rieziq Universitas Negeri Jakarta
  • Salsabila Nail Adila Universitas Negeri Jakarta
  • Tiya Anisa Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Welly Sasongko Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam potensi sumberdaya bahan galian mineral logam dan non-logam di Provinsi Maluku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sebelas wilayah di Provinsi Maluku, terdapat enam wilayah yang memiliki potensi sumberdaya bahan galian, yaitu Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Provinsi Maluku didominasi oleh bahan galian emas, tembaga, galena, mangan, batu bara, logam besi, magnetit, dan marmer. Potensi sumberdaya yang dimiliki Provinsi Maluku yang cukup melimpah seharusnya dapat menjadi salah satu lapangan usaha untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku khususnya dari sektor pertambangan sumberdaya mineral. Sektor pertambangan ini belum menjadi lapangan usaha utama di Provinsi Maluku akibat beberapa faktor, di antaranya akibat sumberdaya manusia yang kurang dioptimalkan dan kurangnya pengelolaan dan pemanfaatan pada sektor pertambangan. musabab usaha di sektor pertambangan tidak termasuk kepada lapangan usaha yang dapat meningkatkan permintaan dan penawaran di Provinsi Maluku. Dibutuhkan sinergitas baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, juga masyarakat agar potensi sumberdaya yang dimiliki tidak terbengkalai dan dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik.

Published
2020-06-30
How to Cite
SEPTIA, Wilma et al. Potensi Sumber Daya Mineral Logam Dan Non Logam Di Provinsi Sumatera Bara. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 87-95, june 2020. ISSN 2615-4781. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/1282>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32663/georaf.v5i1.1282.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.