EKSISTENSI TRADISI “IKI PALEG” SUKU DANI PADA MASYARAKAT PEDALAMAN PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v6i1.1842Keywords:
Masyarakat Dani, Iki Paleg, Kearifan LokalAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman budaya, sehingga dari keberagaman tersebut tidak khayal muncul sebuah tradisi yang bersifat unik. Hal ini biasanya sudah dilakukan turun temurun masyarakat kebudayaan tersebut. Salah satunya seperti kebudayaan iki paleg pada masyarakat dani di Pedalaman Papua. Tujuan penelitian ini (1) menggali latar belakang suku dani dari sudut pandang geografis; (2) mengetahui sejarah ritual iki paleg suku dani, dan (3) mengupas ritual pelaksanaan ekstrem Iki Paleg pada suku dani. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data berupa kajian literatur yakni dari beberapa artikel yang bereputasi dan sumber-sumber yang relevan lainnya. Hasil pada penelitian ini (1) Masyarakat dani ini jika ditinjau dari kacamata geografi berada pada Wilayah Lembah Baliem di Pegunungan Tengah Papua. Mereka tersebar di Kabupaten Jayawijaya serta sebagian di Kabupaten Puncak Jaya. (2) Sejarah lahirnya ritual iki palek pada masyarakat suku dani karena mereka sangat menjunjung tinggi adat istiadatnya ditanah papua serta menunjung tinggi sistem kekerabatan yang tinggi yang dapat disimbolkan pemotongan jari mereka sebagai wujud rasa kesedihan, kesetiaan dan rasa kehilangan yang mendalam terhadap anggota keluarga yang telah meninggal. (3) Makna dari tradisi iki paleg ini diartikan wujud rasa kesedihan dari anggota keluarga yang meninggal selain itu pun, diartikan untuk menghindari bencana dan musibah agar tidak terulang lagi.
Downloads
References
Alecia, N. (2018). Iki Palek, Tradisi Potong Jari Sebagai Tanda Kehilangan dan Kesetiaan. Di akses pada tanggal Jumat 28 September 2018 pada pukul 13.25 Wib di https://nationalgeographic.grid.id/read/13946164/iki-palek-tradisi-potong-jari-sebagai-tanda-kehilangan-dan-kesetiaan
Benevaldi, L.D. (2018). Iki Palek Tradisi Memotong Jari di Papua. Di akses pada tanggal 19 September 2018 pada pukul 17.37 di https://www.kompasiana.com/ darrellleebenevaldi2853/5ba226f5677ffb773a6b2662/iki-palek-tradisi-memotong-jari-di papua?page=all#:~: text=Tradisi%20iki%20palek%20biasanya%20dilakukan,jumlah%20keluarga%20yang%20sudah%20meninggal.
Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djawaru, F., & T.Panjaitan. (2014). Mitologi dan gender dalam arsitektur Suku Dani. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/ naskahringkas/2015 -11/S55621-Mukrima Fauriska Djawaru
Eskak, E., & Widiastuti, R. (2019). Seni Rias Suku Dani sebagai Inspirasi Penciptaan Cenderamata Khas Papua dari Bahan Bambu. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 36(1), 35-46.
Hastanti, Baharinawati W. "Kondisi Lingkungan Dan Karakteristik Sosial Budaya Untuk Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Studi Kasus Pada Suku Dani Di Jayawijaya, Papua) (Environmental Conditions and Socio-cultural Characteristics for Watershed Management (Case Study at Dani Tribe, Jayawijaya, Papua))." Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 111-126, doi:10.20886/jppdas.2017.1.2. 111-126.
Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Herningsih, H. (2018). Kebijakan Pemerintah Papua dalam Pelestarian Tradisi Bakar Batu. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(2), 209-226.
Hindaryatiningsih, N. H. (2016). Model proses pewarisan nilai-nilai budaya lokal dalam tradisi masyarakat buton. Sosiohumaniora, 18(2), 100-107.
Irfa’ina Rohana Salma, dkk, Piranti Tradisi dalam Kreasi Batik Papua, Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 34, No. 2, Desember 2017
Kunthi, D. (2018). Adat Dan Budaya Suku Dani Di Tanah Papua. Makalah Antropoli diakseshttps://www.aca demia.edu/30795764/Adat_Dan_Budaya_Suku_Dani_Di_Tanah_Papua_Antropologi
Leny, Veronika. (2014). Memahami Sistem Pengetahuan Budaya Masyarakat Pegunungan Tengah, Jayawijaya, Papua dalam Konteks Kebencanaan. Antropologi Indonesia.
Loewen, J. A. (1975). Culture and Human Values: Christian Intervention in Anthropological Perspective: Selections from the Writings of Jacob A. Loewen (Vol. 5). William Carey Library.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press
Nahuway, N. (2014). Kehidupan Suku Dani di atas kulit Kayu Kombouw. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Poerwandari, E.K. 2011. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Putro, B. B. & Nadira. (2019). Makna Dibalik Tradisi Niki Paleg Suku Dani di Papua. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 3(2), 159-167.
Rafa. (2020). Tradisi Potong Jari Ala Suku Dani yang Bikin Merinding Tapi Mengandung Makna Luar Biasa . Di akses pada tanggal 10 November 2020 pada pukul 19.13 Wib di https://rapafm.pakpakbharatkab.go.id/rapafm/read/360/tradisi-potong-jari-ala-suku-dani-yang-bikin-merinding-tapi-mengandung-makna-luar-biasa
Simbala, H. E. (2016). Identifikasi dan pemanfaatan tumbuhan obat suku Dani di Kabupaten Jayawijaya Papua. Jurnal MIPA, 5(2), 103-107.
Soekanto, Soerjono. 2001. Hukum Adat Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Suryandari, N. (2017). Eksistensi Identitas kultural Di Tengah Masyarakat Multikultur dan Desakan Budaya Global. Jurnal Komunikasi, 11(1), 21-28. DOI: http://dx.doi.org/10. 21107/ilkom.v11i1.2832
Yelepele, U., & Hefni, M. (2013). Perkawinan Adat Muslim Suku Dani Di Papua. Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial, 7(1), 17-51.
Yukl, Gary. 2010. Leadhership In Organization. New Jersey: Pearson
Zonggonau, A. (2017). Kebudayaan Potong Jari sebagai Simbol Duka Suku Moni di Desa Ugidimi Distrik Bibida Kabupaten Paniai Provinsi Papua. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.