Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Sodonghilir

Penulis

  • Ai Nidaul Hasanah Mahasiswa Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.2367

Kata Kunci:

Metode Group Investigation, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas X di SMAN 1 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, masih banyaknya siswa SMAN 1 Sodonghilir yang memiliki hasil belajar yang rendah ditandai dengan perolehan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan model eksperimen desain Nonequivalent  (Pretest and posttest) Control-Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,34 yang berada dalam kategori sedang, penggunaan model ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,08 yang berada dalam kategori rendah, dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan tipe group investigation dengan model ceramah, dimana kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,39 dan kontrol sebesar 75,82

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles