Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Budidaya Lele RT02 Kelurahan Sukatani Tapos

Authors

  • Ramanda Firma Doni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Indah Meitasari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v7i2.3085

Abstract

Kemiskinan dan pengangguran adalah dua masalah besar yang umum dan saling terkait dalam masyarakat. Keberadaan usaha budidaya lele dapat membawa dampak positif dalam peningkatan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan ekonomi keluarga di RT 02 Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos dengan adanya usaha budidaya lele. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan keberadaan budidaya lele melalui sistem kekeluargaan menghasilkan kerjasama yang baik sehingga terjadi adanya proses pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga serta masyarakat menjadi terbedayakan dengan adanya usaha budidaya lele.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baihaqi, & Et All. (2020). Peningkatan Kemandirian Ekonomi Pokdakan Tanah Berongga Melalui Budidaya Lele Bioflok Autotrof Di Kabupaten Aceh Tamiang. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1138-1149.
Doriza, S. (2015). Ekonomi Keluarga. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.
Fauziyah, N., & Et All. (2019). Evaluasi Sistim Budidaya Lele: Aspek Produksi Dan Strategi Pengembangannya (Studi Kasus: Pembudidaya Lele Kabupaten Tangerang) . Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 129-142.
Rosmaladewi, O. (2018). Manajemen Kemitraan Multistakeholder Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.
Shahreza, D., & Lindiawatie. (2020). Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Depok Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Applied Business And Economics (Jabe), 48-161.
Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: Pt Refika Aditama .
Sulistiyani, A. T., & Et All. (2019). Pemberdayaan Masyarkat Dalam Budidaya Lele Dengan Bioflok Di Muara Tami Jayapura. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi.
T, M., & S, P. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Tindangen, M., Daisy S.M Engka, & Patric C. Wauran. (2020). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 79-87.
Yuniati, S., & Gandhy, A. (2021). Budidaya Lele Menggunakan Pakan Tambahan Manggot. Malang: Ahllimedia Press.

Downloads

Published

2023-01-01

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>