Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Nindah Nispiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Alwin Alwin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3493

Keywords:

hasil belajar

Abstract

Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Cigudeg menggunakan kurikulum merdeka yang tidak mengharuskan materi dibahas tuntas, namun media yang digunakan saat ini tidak sesuai dengan proses pembelajaran yang berlangsung sehingga diperlukan media pembelajaran yang baru, tidak hanya itu dalam kurikulum merdeka ini guru dituntut untuk menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi dan fokusnya pada siswa serta melibatkan kecanggihan teknologi. Dengan begitu materi dapat tersampaikan dengan baik dan meningkatkan hasil belajar siswa, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif nearpod kelas XI di SMA Negeri 1 Cigudeg. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental nonequivalent control group design, sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen memanfaatkan media pembelajaran interaktif Nearpod dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan cara tes dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 30 butir soal mata pelajaran Geografi materi dinamika kependudukan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Geografi materi dinamika kependudukan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMA Negeri 1 Cigudeg, dengan nilai t hitung 7.859 > t tabel 1.997 dan nilai signifikan 0,000 < 0.05. hasil belajar posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, hal ini karena kelas eksperimen memanfaatkan media interaktif Nearpod dalam proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atsira, L., & Zukdi, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Nearpod Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Al-Qur’an Hadits Kelas X Di Man 2 Padang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 94–103. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/mrb.v5i1.14
Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 62–74. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Rajawali Pers.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadijah, S., Aulia, L., & Eviyanti, C. Y. (2020). Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Media Pembelajaran Berintegrasi Budaya Aceh. Jurnal Numeracy, 7(2), 309–323. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/1256
Inanta, R., Zulhaji, Z., & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418–424.
Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 80–91. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/pl.4.2.80-91
Oktafiani, & Mujazi. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 7(1), 124–134. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/022033jpgi0005
Rahayu, D. A., Anggrasari, L. A., & Solikah, O. H. (2022). Efektivitas Media Nearpod Terhadap Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 341–346. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2736
Rahmawati, A. A., Churiyah, M., Bukhori, I., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback Berbantuan Nearpod. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 109–121. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/45077
Roflin, E., & Riana, F. (2022). Analisis Korelasi dan Regresi. Penerbit NEM.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles