Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Peminatan Geografi Di SMA Negeri 50 Jakarta
Keywords:
Pengaruh, Minat, BelajarAbstract
Tujuan penelitian mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI peminatan geografi di SMA Negeri 50 Jakarta. Minat belajar menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Subjek penelitian pada kelas XI peminatan geografi yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI peminatan geografi sebesar 13%. Adapun minat belajar memperoleh presentase 69% dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Fadia, S., & Fitri, N. (N.D.). Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep merdeka belajar pendidikan indonesia dalam perspektif filsafat progresivisme. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Vol. 12, Issue 2).
Froretasari, V. (N.D.). Pengaruh minat dan kemandirian terhadap prestasi belajar geografi. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1).
Irpan Ahadi Guru Di SMA Negeri, I., & Timur, S. (N.D.). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sakra Timur. JIR) Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani.
Luh Pt Retno Ningsih, N., Wyn Darsana, I., Gd Surya Abadi, I. B., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Pendidikan, F. (N.D.). Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS. 6(3), 2018. Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi,
P., Haryanto, Z., Widya Saputra, Y., & Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman, P. (2020). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Dengan Model Inkuiri Terbimbing Di SMAN 3 Samarinda. In Jurnal Geoedusains (Vol. n1, Issue 1).Pendidikan
J., & Perkantoran, M. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes) (Vol.1,Issue 1). Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/ Jpmanper/Article/View/00000
Rohmawati, A., Rawamangun Muka, J., & Timur, J. (N.D.). Efektivitas pembelajaran. Https://Doi.Org/10.21009/JPUD.09 1
Sinambela.2021 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan 1. Depok:Rajagrafindo Persada. Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.