Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Peminatan Geografi Di SMA Negeri 50 Jakarta

Authors

  • Sabila Ainun Madliah Universitas Negeri Jakarta
  • Cahyadi Setiawan Universitas Negeri Jakarta
  • Sony Nugratama Hijrawardi Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Pengaruh, Minat, Belajar

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI peminatan geografi di SMA Negeri 50 Jakarta. Minat belajar menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Subjek penelitian pada kelas XI peminatan geografi yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI peminatan geografi sebesar 13%. Adapun minat belajar memperoleh presentase 69% dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditari Khayatun Nufus Nurdin Rahman, I. A., Marthinu, E., | Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate. Pangea Desember, 2019(2), 74–84.
Fadia, S., & Fitri, N. (N.D.). Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep merdeka belajar pendidikan indonesia dalam perspektif filsafat progresivisme. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Vol. 12, Issue 2).
Froretasari, V. (N.D.). Pengaruh minat dan kemandirian terhadap prestasi belajar geografi. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1).
Irpan Ahadi Guru Di SMA Negeri, I., & Timur, S. (N.D.). Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Geografi Konsep Pedosfer Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Sakra Timur. JIR) Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani.
Luh Pt Retno Ningsih, N., Wyn Darsana, I., Gd Surya Abadi, I. B., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Pendidikan, F. (N.D.). Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS. 6(3), 2018. Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi,
P., Haryanto, Z., Widya Saputra, Y., & Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman, P. (2020). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Dengan Model Inkuiri Terbimbing Di SMAN 3 Samarinda. In Jurnal Geoedusains (Vol. n1, Issue 1).Pendidikan
J., & Perkantoran, M. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes) (Vol.1,Issue 1). Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/ Jpmanper/Article/View/00000
Rohmawati, A., Rawamangun Muka, J., & Timur, J. (N.D.). Efektivitas pembelajaran. Https://Doi.Org/10.21009/JPUD.09 1
Sinambela.2021 Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan 1. Depok:Rajagrafindo Persada. Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles