Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi MGMP Geografi Provinsi Sumatera Barat

Authors

  • Rahmanelli Rahmanelli Universitas Negeri Padang
  • Nofrion Nofrion Universitas Negeri Padang

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Geografi

Abstract

Penelitian Tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Guru Geografi dalam merancang pembelajaran dengan berbagai metode dan strategi, memberikan pelatihan cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang benar, dan membuat karya tulis ilmiah. Selain itu, pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan inovasi dan kreasi dalam upaya peningkatkan derajat pembelajaran/kualitas pembelajaran. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 6 Agustus 2017 sampai dengan 30 September 2017 yang diikuti oleh 30 Guru Geografi yang berasal dari SMA di Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di Yayasan Jikhaidul Center tersebut, terdiri dari kegiatan workshop melalui ceramah dan (2) latihan pembuatan laporan penelitian. Hasil yang dicapai adalah (1) Peningkatan pemahaman guru-guru yang tergabung dalam forum MGMP Geografi Provinsi Sumatera Barat; dan (2) Guru-guru MGMP Geografi Provinsi Sumatera Barat sudah mampu menyusun proposal dan laporan PTK secara mandiri dan benar. Pada tahapan berikutnya direncanakan untuk memberikan pelatihan pembuatan artikel PTK dan melaksanakan Seminar Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru yang sudah mengikuti pelatihan. Dengan demikian, tujuan untuk program peningkatan kualitas guru di bidang evaluasi pembelajaran dan penelitian dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z.N., dan Hasan, A. 2012 Review of
Effective Mentoring Practices for Mentees Develpment. Journal Of
Studies In Education. Vol.2, No 1.
Hardjodipuro, Siswojo. 1997. Research Sintesis Jakarta: IKIP Jakarta
Kamil, M. 2010a. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfa Beta
Mujiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar. Permenpan RB No. 16. 2009. Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kriditnya
Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Sarwiji Suwandi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru.
Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi III. Yokyakarta:
STIE YKPN.
Supriyono, S., 2017. Analisis Spasial Perubahan Bentuk Fisik Sungai Melalui Integrasi Citra Landsat Dan GIS Di Sub DAS Hilir Sungai Bengkulu. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 1(1), pp.10-20.
Supriyono, S., 2017. Citra, FW, Sulistyo, B, Barchia, MF, 2017. In Estimasi Perubahan Tutupan Lahan Untuk Deteksi Erosi Tanah Di Catchment Area Das Sungai Bengkulu Dengan Menggunakan Citra Landsat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP (Vol. 1, No. 1, pp. 110-122).
Supriyono, S., 2018. Critical Land Detection Watershed River Bengkulu and Effect of Coastal Area using Geographic Information System. Sumatra Journal Of Disaster, Geography And Geography Education, 2(1), 30-37. doi:10.24036/sjdgge.v2i1.136
Supriyono, S., Guntar, D., Edwar, E., Zairin, Z. and Sugandi, W., 2018. Sosialisasi Potensi Bencana dan Sistem Informasi Geografi (SIG) Kebencanaan di Kabupaten Seluma. BAGIMU NEGERI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1).
Velada, R., Caetano, A., Michel, W., dan Kavanagh, J. 2007. The effects of training design, individual characteristics and work environment on tranfer of training. International Jaurnal of Training and Development. Vol. 11. No.4

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles