Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi

Authors

  • Dahri Hi. Halek STKIP Kie Raha Ternate

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v3i2.567

Keywords:

Kurikulum 21013 ,Perspektif, dan filosofi

Abstract

Kurikulum pendidikan di Indonesia telah berkembang dalam beberapa kali namun landasan filsafat yang digunakan jarang digali. Landasan filsafat yang digunakan menjadi pemikiran menarik karena dengan landasan filsafat yang jelas maka arah dan tujuan pendidikan menjadi jelas. Hasil penelitian ini yang utama menemukan bahwa hakikat kurikulum pendidikan 2013 adalah meningkatkan basis perubahan pada sikap, pengetahuan dan keterampilan pada diri peserta didik demi terciptanya pendidikan karakter yang baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam kurikulum 2013 adalah menghasilkan generasi yang kreatif dan inovatif dengan harapan mampu meminimalisir kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan peradaban bangsa. Kurikulum 2013 memiliki landasan filsafat eklektik inkorporatif yang berarti mengambil unsur-unsur yang baik dari aliran-aliran filsafat pendidikan untuk diintegrasikan dengan sistem pendidikan nasional. Progressivisme sebagai salah satu aliran filsafat pendidikan memiliki warna yang dominan dalam kurikulum 2013 terbukti dengan sistem pendidikan yang sangat menitikberatkan murid sebagai subjek pendidikan, guru bertindak sebagai fasilitator, serta mata pelajaran yang terintegrasi dalam satu unit. Kurikulum 2013 menunjukkan kalau anak atau subjek pendidikan harus diberi pelajaran dan pengajaran sesuai dengan perkembangan zaman agar tidak menghasilkan generasi usang serta tiga kompetensi utama dalam diri anak harus dinilai secara keseluruhan (sikap, pengetahuan, dan ketrampilan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinpelu, J.A., 1981, An Introduction to Philosophy of Education, Macmillan Publishers, London.
Barnadib, Imam, 1976, Sistim-sistim Filsafat Pendidikan, Yayasan Penerbitan FIP-IKIP, Yogyakarta.
_____________, 2002, Filsafat Pendidikan, Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.
Brubacher, J.S, 1978, Modern Philosophies of Education, McGraw-Hill Publishing Company, Tokyo.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.
Dewey, John, 1962, The Child and the Curriculum, Cetakan keenam, The University of Chicago, Chicago.
Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.
Sutardi, D., 2017. PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR BERMUTU YANG ADAPTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR TERPENCIL. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), pp.127-138.
Gutek, Gerald Lee, 1985, Philosopical Alternatives in Education, The University of Chicago, Chicago.
Jackson, Philip W, 1992, Conception of Curriculum and Curriculum Specialist, dalam Handbok of Research on Curriculum: A Project of The American Educational Research Assosiation, Macmillan Publishing Company, New York.
Kaelan, 2005, Metode Penelitian Kualitatif bidang Filsafat, Paradigma, Yogyakarta.
Kedaulatan Rakyat, 2013, Kurikulum 2013, 25 Januari 2013.
Kedaulatan Rakyat, 2013, Kurikulum 2013, 27 Desember 2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Draft Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta.
Notonagoro, 1973, Pidato Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam Ilmu Filsafat, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Ornstein, Allan C. & Levine, Daniel U, 1985, An Introduction to the Foundations of Education, Houghton Mifflin Company, Boston.
Republik Indonesia, 2003, Undang-Undang No. 20/2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Jakarta. Republik Indonesia. 2013, Dokumen kurikulum 2013 Permendikbud Nomor 67, 68 dan 69 Tahun 2013, Jakarta.
Republik Indonesia, 2013, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013, Jakarta.
Republik Indonesia, 2013, Salinan Permendikbud No 54 tahun 2013 Tentang SKL, Jakarta.
Republik Indonesia, 2013, Salinan Permendikbud No 54 tahun 2013 Tentang Standar Proses, Jakarta.
Republik Indonesia, 2013, Salinan Permendikbud No 54 tahun 2013 Tentang Standar Nilai, Jakarta.
Rohman, Arif, 2013, Memahami Ilmu Pendidikan, Aswaja Pressindo, Yogyakarta.
Schilpp, Paul Arthur (editor), 1951, The Philosophy of John Dewey, Tudor Publishing Company, New York.

Downloads

Published

2019-02-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>