Pemetaan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempa Bumi Dan Tanah Longsor Sekolah Muhammadiyah Di Kabupaten Karanganyar

Authors

  • Kharina Rahmanika Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Danick Wahyu Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Henny Novita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Iqbal Ghozy Murtadlo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Anis Toha Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Candra Andi Wardoyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Pengetahuan, Kesiapsiagaan, Bencana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap bencana gempa bumi dan tanah longsor. Penelitian dilakukan pada sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian ini menggnakan deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data antara lain observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat pengetahuan siswa menengah  tentang bencana gempa bumi dengan persentase tertinggi yaitu berada di Kecamatan Kebakkramat dengan persentase sebesar 65.29% memilik kategori siap berdasarkan indeks kesiapsiagan bencana tingkat pengetahuan terendah tentang bencana gempa bumi di Kecamatan Jatiyoso memiliki persentase 49.83% memiliki kategori tidak siap berdasarkan indeks kesiapsiagaan bencana. Tingkat pengetahuan  tertinggi tentang bencana tanah longsor di Kecamatan Karangpandan memiliki persentase 70.82%. Tingkat pengetahuan  terendah tentang bencana tanah longsor di Kecamatan Kebakkramat memiliki persentase 59.62% dan memiliki kategori siap berdasarkan indeks kesiapsiagaan bencana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Penangggulangan Bencana Daerah. 2012. Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Bpbd: Jakarta Pusat
Bevaola Kusumasari. 2014. Manajamen Bencana Dan Kapabilitas Pemerintah Lokal. Yogyakarta: Gava Media.
Bnpb. (2007). Uu.24 Tentang Bencana Alam. Jakarta: Bnpb.
Cindrawaty,L.,&Nurul,P.(2015). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Di Kabupaten Magelang. Jurnal Teknik Sipil, 1-75.
Cut, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana Di Rsudza Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 2087-2879.
Deny Hidayati Dkk. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Lipi-Unesco/Isdr.
Fina Faizana, A. L. (2015). Pemetaan Risiko Bencana Tanah Longsor Kota Semarang. Jurnal Geodesi Undip, 224-234.
Hasbawir. (2012). Ambang Batas Curah Hujan Untuk Bencana Sedimen Di Kaldera Bawakaraeng,
Sulawesi Selatan. Jurnal Penanggulangan Bencana, 15-56.
Lelisa Sena And Kifle W/Michael. 2006. Disaster Prevention And Preparedness. Ethiopia: Jimma University And Ethiopia Public Health Training Initiative
Mustafa, B. (2010). Analisis Gempa Nias Dan Gemdpa Sumatera Barat Dan Kesamaannya Yang Tidak Menimbulkan Tsunami. Padang ,Sumatra Barat: Universitas Andalas.
Nandi, S. (2006). Gempa Bumi. Bandung: Universitas Pendidikan Inonesia.
Nandi. 2007. Longsor. Upi : Bandung.
Neolaka, Amos.2014.Metode Penelitian Dan Statistik. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Nuri, I., R., & Hertiari, I,. (2016). Identifikasi Tingkat Bahaya Bencana Longsor, Studi Kasus: Kawasan Lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Teknik Its, 2301-9271.
Supriyono, S., Guntar, D., Edwar, E., Zairin, Z. and Sugandi, W., 2018. Sosialisasi Potensi Bencana dan Sistem Informasi Geografi (SIG) Kebencanaan di Kabupaten Seluma. BAGIMU NEGERI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1).
Supriyono, S., 2018. Critical Land Detection Watershed River Bengkulu and Effect of Coastal Area using Geographic Information System. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 2(1), pp.30-37.
Supriyono, S., 2017. Citra, FW, Sulistyo, B, Barchia, MF, 2017. In Estimasi Perubahan Tutupan Lahan Untuk Deteksi Erosi Tanah Di Catchment Area Das Sungai Bengkulu Dengan Menggunakan Citra Landsat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP (Vol. 1, No. 1, pp. 110-122).
Paidi. (2012). Pengelolaan Manajemen Risiko Bencana Alam Di Indonesia. Stie D
Wahidmurni.2017.Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif.Jurnal Metode Penelitian Kuantitatif

Downloads

Published

2019-02-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>