Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas V Sekolah Dasar Dalam Model Pembelajaran Kooperatif

  • Kamat Kamat Diknas Bengkulu Utara

Abstract

Penelitian menidentifikasi kemampuan guru dalam menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terbukti tidak adanya guru yang mengajukan proposal penelitian tindakan kelas dalam 2 tahun terakir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan proposal PTK. Penelitian ini  dilaksnaakan dalam proses bimbinganya pada pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di  SMP  Neger 06 Seluma.  Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan,   pelaksanaan,   observasi   dan   refleksi.   Hasil dalam penelitian adalah : 1). Indikator   keberhasilan   dalam penelitian adalah : jika > 10 % dari jumlah peserta pembimbingan telah memperleh nilai  rata-rata ? 85, 2). siklus II diperoleh data observasi pengawas (4,22), observasi guru (4,14), hasil kerja secara klasikal (84,02). Indikator keberhasilan telah terlampaui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dinyatakan berhasil. 3). Bimbingan kelompok sangat efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi dalam penyusunan proposal PTK mencapai 90 % dari jumlah peserta telah berhasil menyusun proposal PTK sesuai harapan. 

References

Asmawi Jamal Ma’mur, 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah, Yogjakarta: DIVA Press Dirjen PMPTK 2010. Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta : Kemdiknas.
---------------------, 2010. Supervisi Akademik, Jakarta : Kemdiknas
Moh. User Usman, 1995. Menjadi guru professional, Jakarta. Purwodarminto, WJS. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Saifudin, 2007. Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suharsimi Arikunto, 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineksa Cipta. Sugiyanto, 2010. Model-model Pemeblajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
---------------------, 2016. Permendiknas nomor 22/2016, Jakarta: Kemdikbud
Published
2019-06-30
How to Cite
KAMAT, Kamat. Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas V Sekolah Dasar Dalam Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 37-50, june 2019. ISSN 2615-4781. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/927>. Date accessed: 25 feb. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.