Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas V Sekolah Dasar Dalam Model Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Penelitian menidentifikasi kemampuan guru dalam menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terbukti tidak adanya guru yang mengajukan proposal penelitian tindakan kelas dalam 2 tahun terakir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan proposal PTK. Penelitian ini dilaksnaakan dalam proses bimbinganya pada pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di SMP Neger 06 Seluma. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dalam penelitian adalah : 1). Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah : jika > 10 % dari jumlah peserta pembimbingan telah memperleh nilai rata-rata ? 85, 2). siklus II diperoleh data observasi pengawas (4,22), observasi guru (4,14), hasil kerja secara klasikal (84,02). Indikator keberhasilan telah terlampaui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dinyatakan berhasil. 3). Bimbingan kelompok sangat efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi dalam penyusunan proposal PTK mencapai 90 % dari jumlah peserta telah berhasil menyusun proposal PTK sesuai harapan.
Downloads
References
---------------------, 2010. Supervisi Akademik, Jakarta : Kemdiknas
Moh. User Usman, 1995. Menjadi guru professional, Jakarta. Purwodarminto, WJS. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Saifudin, 2007. Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suharsimi Arikunto, 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineksa Cipta. Sugiyanto, 2010. Model-model Pemeblajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
---------------------, 2016. Permendiknas nomor 22/2016, Jakarta: Kemdikbud
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.