Model Pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 59 Bengkulu Utara

  • Lindawati Lindawati Diknas Bengkulu Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran IPS agar dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Menerapkan model penelitian Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V SD Negeri 59 Bengkulu Utara tahun ajaran 2593/2594. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, menurut subjek adalah penelitian yaitu siswa di kelas V SDN 59 Bengkulu Utara berjumlah 23 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tindakan yang dilakukan selama penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah masalah tes dan teknik observasi menganalisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Inquiry in study IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ini terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam mencari jawaban dari masalah melalui berbagai langkah dalam model inkuiri yaitu berorientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data atau informasi, melakukan uji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Dengan mengacu pada langkah dalam model inkuri selain meningkatkan hasil belajar juga meningkatkan kehidupan siswa dalam proses studi di mana siswa diinstruksikan untuk pergi sendiri untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah dirumusakan. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari meningkatnya persentase hasil tes siswa yang lengkap dimana pada siklus I dari 74% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 91%.

References

Ahmad Susanto. (2594). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada media Group.
Dadang Supardan. (2595). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas
Muhammad Fathurrohman. (2595). Model-Model pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nana Sudjana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2594). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. (2590). Belajar dan Faktorfaktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Frenadamedia.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Frenadamedia.
Published
2019-06-30
How to Cite
LINDAWATI, Lindawati. Model Pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 59 Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 51-66, june 2019. ISSN 2615-4781. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/928>. Date accessed: 25 feb. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.