Meningkatkan Keterampilan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Melalui MGMP Di Kabupaten Bengkulu Utara

  • Sukardi Sukardi Diknas Bengkulu Utara

Abstract

Tujuan Penulis adalah untuk mengetahui ketrampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran  Matematika yang dibuat oleh guru,diperoleh informasi bahwa pencapaian kompetensi oleh siswa sebagaimana dituangkan dalam KKM di sekolah-sekolah dalam wilayah Bengkulu Utara khususnya pada mata pelajaran Matematika rata-rata di bawah KKM. Disamping itu hasil supervisi yang diadakan pada bulan Oktober 2015 memberi kesimpulan bahwa guru Matematika pada sekolah-sekolah tersebut tidak melaksanakan dengan sempurna model pembelajaran  yang telah mereka tuangkan dalam rencana persiapan pembelajarannya.Permasalahan yang telah ditemukan di lapangan akan dapat dipecahkan berdasarkan kajian teori yang telah dikemukakan terdahulu yaitu melaksanakan kegiatan workshop tingkat kabupaten untuk guruguru Matematika yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara  pada tahun 2018.Pelaksanakan kegiatan workshop dengan mengikuti prosedur kegiatan seperti di atas akan memberikan keterampilan kepada peserta workshop dalam hal langkah-langkah penggunaan model pembelajaran yang tepat, sehingga memberikan nuansa pembelajaran yang mengaktifkan siswa yang pada gilirannya memberikan hasil pencapaian KKM yang memuaskan. 

References

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta; Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta; Rineka Cipta.
Syafaruddin, Irwan Nasution. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta; Quantum Teaching.
Anderson, Lorin W. (1989). The Effective Teacher. Amerika; McGraw Hill International. J
oyce, Bruce dan Marsha Weil. (1996). Models of Teaching. London; Allyn Bacon.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta; Balai Pustaka
Published
2019-06-30
How to Cite
SUKARDI, Sukardi. Meningkatkan Keterampilan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Melalui MGMP Di Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 67-72, june 2019. ISSN 2615-4781. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/929>. Date accessed: 25 feb. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.