Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Sodonghilir
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.2367Keywords:
Metode Group Investigation, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas X di SMAN 1 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, masih banyaknya siswa SMAN 1 Sodonghilir yang memiliki hasil belajar yang rendah ditandai dengan perolehan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan model eksperimen desain Nonequivalent (Pretest and posttest) Control-Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,34 yang berada dalam kategori sedang, penggunaan model ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,08 yang berada dalam kategori rendah, dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan tipe group investigation dengan model ceramah, dimana kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,39 dan kontrol sebesar 75,82
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.