Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas V Sekolah Dasar Dalam Model Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Kamat Kamat Diknas Bengkulu Utara ,

Abstract

Penelitian menidentifikasi kemampuan guru dalam menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terbukti tidak adanya guru yang mengajukan proposal penelitian tindakan kelas dalam 2 tahun terakir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan proposal PTK. Penelitian ini  dilaksnaakan dalam proses bimbinganya pada pertemuan rutin Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di  SMP  Neger 06 Seluma.  Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini sebanyak dua siklus, dimana masing-masing siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan,   pelaksanaan,   observasi   dan   refleksi.   Hasil dalam penelitian adalah : 1). Indikator   keberhasilan   dalam penelitian adalah : jika > 10 % dari jumlah peserta pembimbingan telah memperleh nilai  rata-rata ? 85, 2). siklus II diperoleh data observasi pengawas (4,22), observasi guru (4,14), hasil kerja secara klasikal (84,02). Indikator keberhasilan telah terlampaui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dinyatakan berhasil. 3). Bimbingan kelompok sangat efektif dalam upaya meningkatkan kompetensi dalam penyusunan proposal PTK mencapai 90 % dari jumlah peserta telah berhasil menyusun proposal PTK sesuai harapan. 

Downloads

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)