Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan Di SMPN 5 Padang Jaya

Penulis

  • Rubi’ah Kip Asmoro Ibnu Hadi Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bengkulu Utara , Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bengkulu Utara

Kata Kunci:

Bantuan Berkelanjutan, Kompetensi Guru, Rencana Pelajaran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di SMPN 5 Padang Jaya Bengkulu Utara untuk menyusun rencana pelajaran yang benar dan lengkap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action reasearch dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengaktifan, pengamatan, dan refleksi. Subjek utama dari penelitian ini adalah guru SMPN 5 Padang Jaya Bengkulu Utara. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis secara individual, observasi, dan teknik dokumentasi. Dari pembahasan tersebut peneliti mendapatkan beberapa hasil, siklus pertama mencapai nilai 69%, siklus kedua mencapai 83%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bantuan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat rencana pelajaran di SMPN 5 Padang Jaya Bengkulu Utara.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2017-06-30

Terbitan

Bagian

Articles