Pengembangan Hydrosphere Mobile Learning (HML) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v8i2.3730Kata Kunci:
Development, Hydrosphere Mobile learning (HML), Learning Interest, Geography Learning OutcomesAbstrak
Penggunaan media pembelajaran yang monoton menjadikan siswa cenderung merasa bosan dan kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi. Kondisi tersebut menjadikan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui kelayakan pengembangan HML pada materi hidrosfer (2) mengetahui pengaruh HML terhadap minat belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh HML terhadap hasil belajar geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Lee & Owens. Subjek penelitian ini yakni 30 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X IPS 2 menjadi kelas kontrol di MA Al Hidayah Wajak, Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, angket, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menganalisis saran dan kritik yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan siswa, sedangkan analisis angket oleh ahli materi, ahli media, siswa, dan analisis rata-rata dilakukan untuk menganalisis data kuantitatif dalam penelitian ini. riset. Selain itu, independent sample t-test juga diuji untuk menguji pengaruh penggunaan HML. Analisis data menggunakan teknik kualitatif berupa saran dan kritik validator ahli materi, ahli media dan angket siswa. Sedangkan untuk teknik kuantitatif berupa analisis angket ahli materi, ahli media, siswa, analisis mean (rata-rata), dan analisis uji T (Independent Sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media dengan rata-rata persentase 96%, pengembangan media HML layak digunakan untuk pembelajaran geografi materi hidrosfer, (2) penggunaan HML berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa dengan nilai sig. 0,000 < 0,05, dan (3) media HML berpengaruh positif terhadap hasil belajar geografi dengan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







