Guide for Author

Pedoman Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal “MAJALAH KEADILAN“

Tahun 2018

 

Artikel yang dikirim harus mengikuti pedoman penulisan artikel ilmiah pada Majalah Keadilan. Beberapa hal yang perlu dipedomani oleh penulis adalah: 

  1. Artikel yang dikirim dapat merupakan artikel hasil penelitian atau telaah ilmiah (review)
  2. Artikel ditulis pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm) dengan margin kanan/kiri/atas/bawah 3 cm. Artikel ditulis dengan menggunakan huruf times new roman dengan ukuran font 12 pt dan jarak 2 spasi. Artikel ditulis maksimal 20 halaman.
  3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  4. Judul ditulis dengan huruf kapital pada semua huruf, cetak tebal dan ukuran 14 pt.
  5. Nama penulis ditulis di bawah judul dengan jarak 2 spasi. Nama ditulis dengan tidak menyertakan gelar akademis atau gelar lainnya. Nama penulis sebaiknya tidak disingkat jika terdiri dari dua kata atau lebih. Jika penulis terdiri dari dua orang atau lebih dan berbeda lembaga afiliasi, nama penulis diakhiri dengan urutan angka yang menunjukkan urutan penulisan afiliasi dengan menggunakan Artikel yang ditulis oleh tim penulis harus memiliki “penulis korespondensi” sebagai penulis yang dapat dihubungi berkaitan dengan artikel.
  6. Afiliasi masing-masing penulis ditulis di bawah nama penulis dengan jarak 2 spasi. Afiliasi ditulis lengkap dengan alamat lembaga dan email penulis.
  7. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak harus dapat menggambarkan seluruh isi artikel sehingga harus mengandung latar belakang, permasalahan, metode, hasil penelitian dan/atau kesimpulan. Abstrak maksimal 250 kata termasuk kata penghubung.
  8. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata/frasa.
  9. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri. Antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan dalam penulisan artikel ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat.
  10. Sistematika penulisan terdiri dari:
    1. Artikel Hasil Penelitian
    2. Pendahuluan

Pendahuluan harus dapat menggambarkan pentingnya artikel ditulis. Oleh karena itu Pendahuluan harus berisi latar belakang (2-3 paragraf), kerangka teori (2 paragraf), permasalahan (gap analysis) dan tujuan penelitian. Konten pendahuluan tersebut dituangkan dalam paragraf mengalir dan bukan menjadi sub-bab dari pendahuluan.

  1. Metode Penelitian (2 paragraf)

     Metode penelitian menjelaskan tentang pendekatan dan spesifikasi penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data.

  1. Hasil dan Pembahasan

     Bab ini berisi hasil penelitian (scientific finding) disertai dengan pembahasan secara ilmiah. Pembahasan ditulis secara jelas dan bersifat deskriptif, analitis dan kritis.

  1. Simpulan dan Saran

     Simpulan berisi inti sari dari temuan dan pembahasan. Simpulan harus linier dengan permasalahan. Saran yang diberikan hanya yang berkaitan dengan pemasalahan dan bukan saran rencana penelitian berikutnya.

  1. Daftar Pustaka

Referensi yang dikutip haruslah referensi mutakhir maksimal 10 tahun terakhir berdasarkan tahun pengiriman artikel. Kemutakhiran referensi 10 tahun dikecualikan untuk referensi peraturan perundang-undangan yang dikutip. Penulisan referensi mengikuti gaya penulisan American Psychological Association 6th Edition. Penulisan daftar pustaka dan rujukan di dalam teks diwajibkan menggunakan program Mendeley.

  1. Artikel Telaah Ilmiah
  2. Pendahuluan (Permasalahan diletakkan di bagian akhir Pendahuluan)
  3. Pembahasan dengan sub-sub judul pembahasan sesuai kebutuhan
  4. Simpulan

Daftar Pustaka

Referensi yang dikutip haruslah referensi mutakhir maksimal 10 tahun terakhir berdasarkan tahun pengiriman artikel. Kemutakhiran referensi 10 tahun dikecualikan untuk referensi peraturan perundang-undangan yang dikutip. Penulisan referensi mengikuti gaya penulisan American Psychological Association 6th Edition. Penulisan daftar pustaka dan rujukan di dalam teks diwajibkan menggunakan program Mendeley

Download Pedoman