INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN KERANO KUNCORO DI DESA SRI KUNCORO KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Authors

  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Intan Dwi Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32663/jpsp.v10i2.2176

Keywords:

Pelayanan, Inovasi, Perpustakaan

Abstract

Konsep kebijakan merdeka belajar inovasi dan ide-ide pengembang sebagai sarana pendukung terlaksana kebijakan tersebut, seperti perpustakaan sebagai salah satu unit pendidikan non formal/institusi pelayanan publik memiliki peranan yang sangat penting dalam mencetak SDM yang unggul berkarakter, cerdas, dan berdaya saing. Salah satunya yaitu perpustakaan kerano kuncoro. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Inovasi layanan perpustakaan desa kerano kuncoro di Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini, ada beberapa konsep pelayanan berdasarkan teori Brady & Cronin yang belum berjalan sesuai harapan pengunjung. pada indikator kualitas interaksi, terdapat indikator sikap, perilaku dan keahlian. Namun dalam meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga menghasilkan pelayanan yang prima, perpustakaan kerano kuncoro melakukan beberapa upaya seperti melakukan kegiatan promosi perpustakaan, melakukan pengembangan dan peningkatan kreatifitas pemustaka dan melakukan pengembangan koleksi bahan pustaka. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan Pyang diraih oleh perpustakaan kerano kuncoro baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

 

Author Biography

  • Intan Dwi Safitri, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

    Administrasi Publik

Published

2021-12-27