Analisis Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik Reguler Bidang Pendidikan di Pulau BangkaTahun 2017-2018

Authors

  • Nabila Shadrina Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32663/pareto.v2i2.1022

Keywords:

DAK Fisik Reguler, Bidang Pendidikan, Bangka

Abstract

Pemerintah mendukung pembangunan daerah dengan mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan salah satu sumber pendanaan bagi daerah otonom melalui mekanisme transfer keuangan Pemerintah Pusat ke daerah yang bertujuan antara lain untuk meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana fisik daerah sesuai prioritas nasional serta mengurangi kesenjangan laju pertumbuhan antar daerah dan pelayanan antar bidang (Subekan, 2012). Salah satu bidang pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik reguler yang dapat diajukan oleh pemerintah daerah adalah bidang pendidikan.

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui penyaluran dana alokasi khusus fisik reguler bidang pendidikan di pulau Bangka. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder selama periode tahun 2017-2018.

Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif dengan penyajian data menggunakan grafik dan tabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyaluran DAK Fisik reguler pada bidang pendidikan tahun anggaran 2017 terus meningkat hingga tahun anggaran 2018, penyaluran dana DAK Fisik reguler bidang pendidikan di Pulau Bangka Belitung tahun 2017-2018 tertinggi yaitu Kota Pangkalpinang sedangkan penyerapan dana terendah yaitu Kabupaten Bangka Selatan.

Published

2020-02-10

Issue

Section

Articles