ANALISIS PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA Tbk CABANG BENGKULU (STUDI KASUS KPR SUBSIDI)

Authors

  • Ravalleny Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • As'ad Hasan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/70xgz406

Keywords:

Pembiayaan Kredit Perumahan

Abstract

Guna memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah, Bank BTN Cabang Bengkulu menyediakan produk Pembiayaan KPR Subsidi. Lalu apa sebenarnya pembiayaan KPR bersubsidi itu? Hal ini mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin tetap tinggal di rumah mereka sendiri.

Fokus kajian yang ada pada tesis ini yaitu : 1) Bagaimana mekanisme pembiayaan KPR bersubsidi bagi nasabah berpendapatan rendah 2) Bagaimana analisa manfaat pembiayaan KPR bagi nasabah berpendapatan rendah?.

Metodologi penelitian teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan purposif digunakan untuk menentukan subjek penelitian. Dokumen, wawancara, dan observasi digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Reduksi data, pengumpulan data, ringkasan, dan penyusunan laporan merupakan langkah-langkah yang terlibat dalam analisis data. Triangulasi data menjamin keakuratan data.

Temuan Penelitian Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan: 1) Sistem pembiayaan KPR Subsidi pada Bank BTN Kantor Cabang Bengkulu melalui serangkaian tahapan seperti persiapan, analisa, perpajakan, agunan, rapat komite, penandatanganan kontrak, pembagian uang tunai, dan pembayaran angsuran. 2) Dengan menggunakan landasan penelitian mengenai keunggulan markah KPR bersubsidi, kita dapat mengambil kesimpulan mengenai keunggulan markah pembiayaan KPR bersubsidi ditinjau dari faktor efisiensi, kualitas, harga, dan social

Published

2024-08-12

Issue

Section

Articles