Analisis strategi segmentasi pasar pada konsumen pyramidbawah dalam buku “The Fortune at the Bottom of the Pyramid”
DOI:
https://doi.org/10.32663/andn5f47Keywords:
multinasional, prahalad, pyramid bawah, segmentasi pasarAbstract
Buku The Fortune at the Bottom of the Pyramid karya C.K. Prahalad mengusulkan konseppyramid bawah yang merujuk kepada masyarakat miskin di negara berkembang sebagaisegmen pasar potensial bagi perusahaan multinasional. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis strategi segmentasi pasar berdasarkan konsep pyramid bawah dalam bukutersebut. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan analisis isi terhadap buku TheFortune at the Bottom of the Pyramid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategisegmentasi geographic, demographic, dan behavior digunakan dalam menentukan segmenpyramid bawah. Segmen ini dinilai menarik karena jumlahnya yang besar dan belumterlayani dengan baik. Simpulan, implementasi strategi segmentasi yang tepat diperlukanagar pemasaran produk ke pyramid bawah dapat berhasil.