REFORMASI BIROKRASI POLRI  DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK  (Studi Pada Biro Operasi Polisi Resort Bengkulu Utara)

Authors

  • Andy Pramudya Wardana Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Budiman Sakti Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Henny Aprianty Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu
  • Rahiman Dani Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/28vgdp40

Keywords:

Reformasi Birokrasi, Kebijakan Pelayanan Publik, Kepolisian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan reformasi birokrasi kepolisian dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, dengan penekanan pada Kantor Operasional Kepolisian Resor Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi atau gejala yang ada, yaitu gejala-gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan. Data untuk penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan kajian teori dan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa reformasi birokrasi kepolisian pada Biro Operasi Kepolisian Resor Bengkulu Utara. itu dilaksanakan dengan benar dan bertanggung jawab. Pelayanan publik yang telah diberikan mencakup berbagai dimensi kualitas, seperti prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk layanan, sarana dan prasarana, serta keterampilan penyedia layanan. Pelaksanaan reformasi juga mencakup peningkatan akuntabilitas, transparansi, kualitas layanan, pengembangan sumber daya manusia, peran serta masyarakat, dan teknologi informasi. Selain itu, petugas dari Kantor Operasional Kepolisian Kompleks Bengkulu Utara telah menunjukkan kompetensi dan rasa tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Namun demikian, masih terdapat beberapa tantangan yang harus diatasi, seperti jaringan internet yang belum selalu lancar serta perlunya melengkapi instalasi dan infrastruktur agar proses operasional dapat dikembangkan lebih optimal.

Downloads

Published

2025-02-10

Issue

Section

Articles