PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI PEMBERIAN TERAPI BERMAIN PADA USIA PRASEKOLAH

  • Mifta Wahyu Rafa Sakina Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan perkembangan sosial dan emosional melalui pemberian terapi bermain pada usia prasekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan jenis penelitian single case experimental design . Dalam penelitian single case experimental design ini perbandingan tidak dilakukan antara individu maupun kelompok namun dibandingkan pada subjek yang sama dalam kondisi yang berbeda. Kondisi berbeda dalam hal ini yaitu kondisi baseline dan kondisi intervensi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik observasi, wawancara dan tes psikologi meliputi NST, Frostiq dan Bender Gestalt. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 6 tahun yang mengalami hambatan perkembangan sosial emosional. Intervensi dilakukan dengan memberikan terapi bermain selama 10 hariĀ  yang setiap harinya terapi dilakukan selama 1 jam. Hasil intervensi yang telah dilakukan menunjukkan adanya perubahan dari kondisi baseline ke kondisi intervensi. Dalam kondisi baseline subjek sering menyendiri, kurang percaya diri, cenderung kurang dapat melakukan penyesuaian diri dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Dalam kondisi intervensi subjek dapat menjalin hubungan yang baik dengan teman sebayanya, subjek juga dapat mengikuti kegiatan belajar dengan lancar.


Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Terapi Bermain, Prasekolah

Published
2020-06-30
How to Cite
RAFA SAKINA, Mifta Wahyu. PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI PEMBERIAN TERAPI BERMAIN PADA USIA PRASEKOLAH. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 65-72, june 2020. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/1224>. Date accessed: 27 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1224.