PENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING DI KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 3 KOTA BENGKULU

  • meka kano SMKN 3

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran PPKN melalui strategi problem solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kleas yang dilakukan dalam 2 siklus masing-masing dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini siswa kelas XI Tata  Busana 3 SMKN 3 Kota Bengkulu sejumlah 33 orang yang seluruhnya perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, angket keaktifan siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan presentase dan didasarkan pada refleksi tiap siklus. Hasil penelitian: 1) strategi problem solving dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa berdasarkan lima indikator, yaitu: menghargai teman, mengemukakan ide, kerja sama, inisiatif, kemauan. 2) hasil observasi maupun angket menunjukkan bahwa aspek yang paling tinggi adalah menghargai teman dan aspek yang paling rendah adalah kemauan. Kesimpulan pembelajaran dengan strategi problem solving pada siswa kelas XI tata busana 3 mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.


 


 


 

Published
2020-12-30
How to Cite
KANO, meka. PENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI PROBLEM SOLVING DI KELAS XI TATA BUSANA 3 SMKN 3 KOTA BENGKULU. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 130-147, dec. 2020. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/1424>. Date accessed: 22 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i2.1424.