STUDI BIAS ATENSI PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI KECEMASAN DALAM PENGERJAAN SKRIPSI

Authors

  • Abdul Ghoni Sulton Chamdun University of Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i2.1430

Keywords:

kecemasan, skripsi, bias atensi, pengukuran implisit, emotional stroop task

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun alat ukur kecemasan dalam pengerjaan skripsi yang bersifat implisit atau implicit measures dengan mengukur bias atensi. Pengukuran bias atensi untuk kecemasan dalam pengerjaan skripsi belum pernah dikembangkan di Indonesia. Penelitian ini merupakan upaya awal untuk mengembangkan pengukuran implisit dengan menggunakan Emotional Stroop Task. Karakteristik partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa “X” yang dibagi kedalam kelompok tingkat state anxiety sedang (n=12) dan kelompok tingkat state anxiety tinggi (n=7) menggunakan kuesioner State-Trait Anxiety Inventory yang sudah dialihbahasakan oleh Ginting et al. (2013) dan telah disesuaikan dengan situasi pengerjaan skripsi. Penyusunan alat ukur ini terdiri dari lima tahapan metodologis berdasarkan Mulgrew (2008), yaitu 1) Card vs Computerised Technique; 2) Blocked vs Random Presentation of Words; 3) Response Strategy; 4) Order of Tasks; dan 5) Stimulus Sets. Hasil dari pengukuran emotional stroop task versi skripsi ini menunjukkan bahwa alat ukur emotional stroop task versi skripsi yang disusun belum mampu menunjukkan adanya bias atensi pada mahasiswa “X’ yang mengalami kecemasan dalam pengerjaan skripsi.

Downloads

Published

2022-01-04