PENINGKATAN KEMAMPUAN ATTENDING MAHASISWA BK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING

Authors

  • Vira Afriyati UNIB
  • Anna Ayu Herawati
  • Arsyadani Mishbahuddin

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i1.1499

Keywords:

kemampuan attending, layanan konseling kelompok, teknik role playing

Abstract

Keterampilan Attending Bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling adalah bekal nantinya dalam melakukan kegiatan konseling, baik itu konseling individu, konseling kelompok, konseling keluarga, konseling anak, konseling lintas budaya dan sebagainya. Namun, dilapangan mahasiswa masih terlihat kesulitan dalam melakukan kegiatan ini. Desain pre-test and post-test observasi akan dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Dalam desain ini subjek dikenakan perlakuan dengan dua kali pengukuran. Pengukuran yang pertama dilakukan sebelum layanan konseling kelompok diberikan dan pengukuran kedua dilakukan setelah layanan konseling kelompok dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Bengkulu pada semester ganjil 2020/2021. Penelitian dilakukan pada  mahasiswa FKIP Bimbingan dan Konseling semester 3  tahun ajaran 2020/2021. Pelaksanaan penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, adapun tempat konseling kelompok ini dilaksanakan adalah ruang kelas FKIP UNIB.

 

Downloads

Published

2021-09-01