PENERAPAN PSYCHOLOGICAL FIRST AID DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UMSU

  • Sri Izar Listiana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sri Ngayomi Yudha Wastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1. Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan psychological first aid dalam mereduksi kecemasan mahasiswa semester akhir. 2. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan mahasiswa setelah mengikuti layanan informasi tentang Psychological first aid.. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara tahun pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 110 orang terdiri dari 3 kelas . pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas VII A Pagi sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B Pagi sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pos-tes only control design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Hasil penerapan Psychological First AID Dalam Mereduksi Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir Bimbingan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 69,06 dan penerapan psychological first aid dalam mereduksi kecemasan pada kelas kontrol   dengan rata-rata 62,61. Berdasarkan uji-t diproleh nilai     tabel ttabel = 1,986, karena nilai thitung > t tabel yaitu 2,6437 > 1,986. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang singinifikan pengaruh model sugestopedia terhadap kemampuan menyunting teks laporan oleh mahasiswa kelas VII Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun pembelajaran 2019-2020.


Kata Kunci : Psychological first aid, tingkat kecemasan mahasiswa 


 

Published
2020-12-30
How to Cite
LISTIANA, Sri Izar; NGAYOMI YUDHA WASTUTI, Sri. PENERAPAN PSYCHOLOGICAL FIRST AID DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UMSU. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 149-154, dec. 2020. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/1528>. Date accessed: 22 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i2.1528.