RANCANGAN INTERVENSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN COPING STRESS DALAM KELUARGA DAN MENGATASI SUMBER STRES SELAMA PANDEMI COVID 19

  • nur Kur'ani Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • riska amelia Universitas Muhammadiyah Pontianak

Abstract









  iv






 



Corona Virus  Disease (Covid 19) adalah penyakit baru yang gejalanya mulai dari gejala flu biasa sampai berkomplikasi berat. Informasi yang terus beredar di berbagai media mengenai covid-19 memberi efek bagi masyarakat dalam bentuk rasa cemas, takut dan was-was. Oleh karena itu keluarga perlu mengembangkan strategi adaptasi yang memadai yang disebut strategi “coping stres”. Metode Penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) factor-faktor penyebab stress dalam keluarga selama pandemic covid 19 adalah kurangnya pengetahuan keluarga tentang covid 19, rasa takut dan cemas dengan penyakit yang dialami dan terus memikirkan masalah yang menimpa; 2) cara keluarga mengatasi stress selama pandemic covid 19 adalah secepatnya menyelesaikan masalah yang ada, mendekatkan diri pada tuhan, mempertimbangkan beberapa penyelesaian masalah dengan keluarga sesuai dengan masalah yang dialami; 3) Adapun bentuk intervensi sosial yang sesuai untuk meningkatkan coping stress dalam keluarga dan mengatasi sumber stress selama pandemic covid 19 adalah penyuluhan covid 19 dan pelatihan mindfulness.


 

Published
2021-12-31
How to Cite
KUR'ANI, nur; AMELIA, riska. RANCANGAN INTERVENSI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN COPING STRESS DALAM KELUARGA DAN MENGATASI SUMBER STRES SELAMA PANDEMI COVID 19. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 220-233, dec. 2021. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/1633>. Date accessed: 19 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i2.1633.