PROFIL ANAK PUTUS SEKOLAH DI NAGARI SUNGAI PATAI KECAMATAN SUNGAYANG KABUPATEN TANAH DATAR

  • Rada Desviana institut islam negeri batusangkar
  • Masril Masril

Abstract

Abstrak


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Profil Anak Putus Sekolah di Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran anak putus sekolah di Nagari Sungai Patai setelah mengalami putus sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (descriptif research), menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data menggunakan teknik Snowball sampling. Dengan teknik analisis data model Milles dan Huberman dan teknik penjamin keabsahan data dengan cara triagulasi dan analisis kasus negatif. Hasil penelitan menunjukan bahwa  1). Latar belakang pendidikan keluarga anak putus sekolah tergolong rendah terutama orang tua 2). Latar belakang ekonomi keluarga anak putus sekolah tergolong menengah kebawah, ekonomi rendah/tidak mampu. 3). Latar belakang keharmonisan keluarga anak putus sekolah menjadi salah satu faktor penyebab anak putus sekolah namun tidak semua anak putus sekolah berasal dari keluarga yang tidak harmonis. 4). Faktor penyebab anak putus sekolah diantaranya adalah faktor rendahnya pendidikan keluarga, ekonomi, motivasi dan minat belajar yang rendah, keharmonisan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan pergaulan. 5). Cita-cita anak putus sekolah, hampir semua anak putus sekolah tidak memiliki cita-cita. 6). Aktivitas/pekerjaan sehari-hari anak putus sekolah pada umumnya bertani dan mengambil upahan orang lain.

Published
2021-09-01
How to Cite
DESVIANA, Rada; MASRIL, Masril. PROFIL ANAK PUTUS SEKOLAH DI NAGARI SUNGAI PATAI KECAMATAN SUNGAYANG KABUPATEN TANAH DATAR. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 172-191, sep. 2021. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/1803>. Date accessed: 29 nov. 2021. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i1.1803.