PENINGKATKAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MODEL
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v7i1.2766Keywords:
ProjectBasedLearningModel,metode penelitian , sikapilmiahAbstract
Pembelajaran metodologi penelitian dapat meningkatkan sikap ilmiah, dengan harapan mahasiswa memiliki motivasi dan kepercayaan diri untuk menyelesaikan studinya. Hasil penelitian terdahulu dan pengamatan,teridentifikasi, banyak mahasiswa yang akan dan sedang menysun skripsi, kurang yakin dapat menyelesaiakan kuliah, bingung dari mana harus memulai nyususn skripsi, kurang percaya diri berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Salah satu penyebab kondisi itu, adalah lemahnya sikap ilmiah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui;1) gambsran sikap ilmiah mahasiswa Bimbingan dsn Konseling FKIP Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu, yang sedang mengikuti perkuliahan metode penelitian. Peningkatan sikap ilmiah setelah digunakan model project based learning dalam pembelajaran metode penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran metode penelitian Semester V mahasiswa Bimbingan dan Konseling berjumlah 33 orang. Hasil penelitian disimpulkan, bahwa sikap ilmiah mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Hazairin Bengkulu yang mengikuti perkuliahan metode penelitian pada semester V tahun akademik 2020-2021 rata-rata kurang pada indikator rasa ingin tahu, kreativitas dan berpikir kritis. Untuk indikator respek terhadap pakta, berpikir terbuka dan kerjasama, ketekunan ada pada kategori cukup. Setelah diterapkan model Project Based Learing pada pembelajaran metode penelitian pada siklus II an siklus III, semua indikator sikap ilmiah meningkt satu tahap; yang kurang menjadi cukup, dan yang cukup menjadi baik. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan sikap ilmiah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan metode penelitian pada semester V tahun akademik 2020/2021.