Siti Pendampingan Perencanaan Karir dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa SMK

Authors

  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i1.300

Keywords:

Sekolah, Pendidikan

Abstract

Peserta didik pada tingkatan sekolah menengah kejuruan (SMK) umumnya berada pada masa remaja dan tahap eksplorasi yaitu mulai melakukan penelaahan diri, mencoba untuk berbagi peran, serta melakukan penjelajahan untuk suatu pekerjaan atau atau jabatan. Akan tetapi, sebagai lulusan SMK menimbulkan persaingan yang semakin ketat di dunia kerja. Karenanya, banyak peserta didik yang terlihat memiliki keraguan dan merasa salah dalam memilih jurusan sehingga berdampak pada perkembangan karirnya di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK “X†Ciwidey, Kabupaten Bandung. Populasinya sebanyak 96 siswa. Penelitian ini menggunakan uji t-paired dan didapatkan hasil 0,000 <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dan dapat diartikan juga bahwa pendampingan perencanaan karir memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam meningkatkan self-efficacy yaitu sebesar 83,8% sedangkan sisanya 16,2% berkorelasi dengan variabel lain.

Kata Kunci: Pendampingan Perencanaan Karir, Self Efficacy, SMK.

Students at the vocational high school (SMK) are generally in teenage and exploratory stages that begin to learn independently, try to share roles, and explore jobs or positions. However, as vocational graduates grow increasing competition in the workplace. Therefore, many learners who seem to have doubts and feel wrong in choosing a department so that the impact on the development of his career in the future. This research uses quasi experimental design method with Pretest-Posttest Design. The population in this study is the students of class XII in SMK "X" Ciwidey, Bandung District. Population as many as 96 students. This study used t-paired test and got result 0.000 < 0,05. This indicates that there is a difference between before and after treatment and it can be interpreted also that career planning assistance has a significant contribution in improving self-efficacy is 83.8% while the remaining 16.2% correlates with other variables.

Keyword: Assistance Career Planning, Self Efficacy, SMK (Vocational High School).

Downloads

Published

2018-06-29