HUBUNGAN RASA SYUKUR TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU HONORER DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Iin Yulianti UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v8i1.3240

Keywords:

Rasa sykur, Kesejahteraan Psikologis, Guru Honorer

Abstract

Abstrak

Kehidupan manusia tidak akan pernah terlepas dari kondisi kesejahteraan psikologisnya. Setiap manusia berupaya untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera, baik kondisi fisik,sosial, dan mental agar kualitas hidupnya meningkat. Faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis salah satunya rasa syukur. Hal ini dikarenakan rasa syukur mampu menciptakan suatu pandangan positif terhadap peristiwa yang terjadi dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer MTs Negeri 2 Bandar Lampung.

Subjek penelitian ini adalah guru honorer di MTs Negeri 2 Bandar Lampung berjumlah 18 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling representatif. Teknik pengumpulan data menggunakan skala rasa syukur sebanyak 18 aitem (? = 0,916) dan skala kesejahteraan psikologis sebanyak 18  aitem (? = 0,952).

Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Analisis data yang digunakan adalah korelasi product momen pearson. Hasil penelitian menunjukkan dari dua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. rxy = 0,789 dengan p = 0,000 (p < 0,01), hal ini menandakan bahwa adanya hubungan yang positif signifikan antara rasa syukur dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sehingga hipotesis diterima. Semakin tinggi rasa syukur maka semakin tinggi pula kesejahteraan psikologis yang dihasilkan. Sumbangan efektif sebesar 39,5% yang dipengaruhi oleh variabel bebas dalam penelitian ini dan 60,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : Rasa Syukur, Kesejahteraan Psikologis, Guru Honorer.


Downloads

Published

2023-07-10