PENINGKATAN PERENCANAAN KARIER MELALUI BIMBINGAN EKSPLORASI KARIER PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v8i1.3267Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peningkatan perencanaan karier melalui pemberian bimbingan karier pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan jenis penelitian single case experimental design. Perbandingan dalam penelitian single case experimental design ini tidak dilakukan antara individu maupun kelompok namun dibandingan pada subjek yang sama dalam kondisi yang berbeda yaitu antara konsisi baseline dan kondisi intervensi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan tes psikologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI yang mengalami kebingungan karier. Intervensi dilakukan selama 5 hari dan hasil intervensi menunjukkan adanya perubahan dari kondisi baseline ke kondisi intervensi. Pada kondisi baseline subjek belum mengenal dirinya sendiri, belum memahami jenis-jenis fakultas dan jurusan yang ada di bangku perkuliahan dan tidak dapat membuat perencanaan karier yang cocok dengan dirinya. Pada kondisi intervensi subjek dapat mengobservasi diri, mengenal dirinya sendiri dan mampu mengevaluasi diri berdasarkan potensi dan kepribadian yang dimiliki sehingga dapat membuat perencanaan karier yang cocok dengan kondisi dirinya.
Kata Kunci: Kebingungan Karier, Bimbingan karier, Eksplorasi Karier, Siswa SMA