HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU MENCONTEK

Authors

  • nur Kur'ani Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v8i2.3526

Keywords:

Motivasi Belajar; Efikasi Diri; Perilaku Mencontek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan perilaku mencontek, hubungan efikasi diri dengan perilaku mencontek dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan perilaku mencontek. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kota Pontianak. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku mencontek, skala motivasi belajar dan skala efikasi diri. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan negatif antara motivasi belajar dengan perilaku mencontek dengan nilai r= -0, 431. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah perilaku mencontek, sebaliknya semakin rendah motivasi belajar maka semakin tinggi perilaku mencontek; 2) Ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan perilaku mencontek dengan nilai r= -0,648. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin rendah perilaku mencontek dan semakin rendah efikasi diri maka semakin tinggi perilaku mencontek; 3) Hasil regresi linear berganda menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama dengan perilaku mencontek. Maka dari itu siswa diharapkan menghindari perilaku mencontek dengan berusaha meningkatkan motivasi belajar dan efikasi diri.

Downloads

Published

2023-12-30