GAMBARAN PERILAKU RAD (Reactive Attachment Disorder) PADA ANAK USIA SEKOLAH

Authors

  • Dian Mustika Dian mustika maya unihaz

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i2.378

Keywords:

Anak, Pemenuhan Kelekatan, Perilaku RAD

Abstract

Abstrak.

Perilaku Reactive Attachment Disorder (RAD) merupakan salah satu akibat dari tidak terpenuhinya kebutuhan kelekatan pada  masa  anak-anak.  Maya,  Dian  Mustika  &  Zumkasri (2017) menunjukkan bahwa  di  kota  Bengkulu  jenis  kelekatan  yang  diterapkan  termasuk dalam    Insecure Attachment (kelekatan yang tidak aman). Kelekatan ini merupakan kelekatan anak terhadap pengasuh yang kurang mengerti kebutuhan psikologis anak. Anak dalam kondisi ini akan sangat beresiko mengalami gangguan perkembangan (Wiebe, 2006). Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk mengambarkan Perilaku RAD (Reactive Attachment Disorder) Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan gambaran perilaku RAD yang ditunjukkan oleh subjek penelitian adalah kesulitan menenanhkan diri; tidak mencari kenyamanan dari pengasuh saat berada pada situasi yang mengancam; dan memiliki kemampuan empati sedikit atau tidak menggunakan emosi saat berinteaksi dengan orang lain. perilaku tersebut muncul karena pengalaman negative anak dengan orang dewasa atau figure lekatnya (Insecure Attachment).

 

 

Downloads

Published

2019-01-03