GAMBARAN PERILAKU RAD (Reactive Attachment Disorder) PADA ANAK USIA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i2.378Keywords:
Anak, Pemenuhan Kelekatan, Perilaku RADAbstract
Abstrak.
Perilaku Reactive Attachment Disorder (RAD) merupakan salah satu akibat dari tidak terpenuhinya kebutuhan kelekatan pada masa anak-anak. Maya, Dian Mustika & Zumkasri (2017) menunjukkan bahwa di kota Bengkulu jenis kelekatan yang diterapkan termasuk dalam Insecure Attachment (kelekatan yang tidak aman). Kelekatan ini merupakan kelekatan anak terhadap pengasuh yang kurang mengerti kebutuhan psikologis anak. Anak dalam kondisi ini akan sangat beresiko mengalami gangguan perkembangan (Wiebe, 2006). Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk mengambarkan Perilaku RAD (Reactive Attachment Disorder) Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan gambaran perilaku RAD yang ditunjukkan oleh subjek penelitian adalah kesulitan menenanhkan diri; tidak mencari kenyamanan dari pengasuh saat berada pada situasi yang mengancam; dan memiliki kemampuan empati sedikit atau tidak menggunakan emosi saat berinteaksi dengan orang lain. perilaku tersebut muncul karena pengalaman negative anak dengan orang dewasa atau figure lekatnya (Insecure Attachment).