PERAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP DI SURABAYA PADA ERA BARU

Authors

  • Wasis Purwo Wibowo Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v8i1.3848

Keywords:

Dukungan sosial orang tua, Motivasi berprestasi

Abstract

Kondisi era baru saat ini membutuhkan penyesuain dalam seluruhbidang termasuk dalam dunia pendidikan. Siswa sebagai peserta didik memiliki tantangan kembali untuk menumbuhkan motivasi dan semangatnya dalam mencapai prestasi dibandingkan selama masa pandemi sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menelaah dan menganalisa peran dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa SMP di Surabaya pada era baru.Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif melalui analisis regresi sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistic 25. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa SMP di Surabaya melalui purposive sampling dengan jumlah 150 subyek. Instrumen penelitian untuk menguji dukungan sosial orang tua disusun oleh peneliti dengan total item sebanyak 23 item (validitas item berada pada rentang antara 0,316 sampai dengan 0,678 dengan reliabilitas ? = 0,882) dan alat ukur motivasi berprestasi dikembangkan oleh peneliti dengan total item sebanyak 30 item (validitas item berada pada rentang antara 0,260 sampai 0,389 dengan reliabilitas ? = 0,794). Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (nilai p = 0,000 dan nilai F = 56,523) antara dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa SMP di Surabaya pada era baru.

Downloads

Published

2023-07-06