KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING: PERAN SUPERVISOR DALAM PENINGKATAN MUTU
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v8i2.4128Keywords:
Supervisi, Supervisor, Guru Bimbingan & KonselingAbstract
Keberhasilan program bimbingan konseling tidak lepas peran supervisor dalam memastikan mutu layanan yang diberikan oleh guru BK. Keprihatinan penulis terhadap kualitas layanan BK dan supervisi menarik untuk dibahas agar muncul kehadiran untuk mampu merasakan sejauh mana kualitas layanan BK di sekolah. Tulisan dalam artikel ini menggunakan metode Literatur Review artinya penulis mengumpulkan tulisan yg terbit di jurnal ilmiah nasional terakreditasi semuanya terkait tujuan artikel. Ditemukan dari hasil penelitian bahwa; 1.) Pelaksanaan pengawasan kinerja Guru BK oleh Pengawas/Supervisor hanya bersifat kelengkapan bukti fisik administratif, 2.) Idealnya pelaksanaan Supervisi dilakaukan secara terjadwal, tahunan, semesteran, 3.) Beberapa ditemukan pelaksana supervisi bukan berlatar belakang dan menyamaksan proses supervisi sama dengan guru mata pelajaran, 4.) Kurang berminatnya pihak sekolah dan pimpinan sekolah belajar memahami keunikan layananBK di sekolahsecara komprehensif, dan 5.) Pada buku Panduan Operasional Pelaksanaan BK/POP BKmasih kurang luas membahas pelaksanaan supervisi di lapangan secara rinci dan detil. Supervisor bertanggung jawab untuk memantau pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling dan hasilnya tercermin dalam perkembangan dan kehidupan siswa atau konseli yang lebih baik. Oleh karena itu, supervisor bimbingan konseling perlu memiliki kemampuan; kepemimpinan, hubungan interpersonal, pengelolaan kelompok, administrasi personel, bimbingan konseling, dan kemampuan dalam evaluasi.Penerapan supervisi bimbingan konseling yang efektif telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman guru bimbingan konseling serta membantu mereka mengembangkan keterampilan dalam memberikan layanan bimbingan konseling.