KONSEP DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR UNTUK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v9i1.4348Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan analisis studi pustaka (library research) dengan mengambil berbagai sumber untuk menjadi rujukan penelitian. Pada penelitian ini membahas bagaimana konsep dasar bimbingan dan konseling karir di sekolah dasar. Konsep dasar bimbingan dan konseling karir di sekolah dasar merupakan bantuan yang ditujukan untuk peserta didik memahami dirinya dan lingkungan sekitanya. Pemberian bimbingan dan konseling karir memiliki tujuan yaitu agar peserta didik dapat merencanakan karir, mengambil keputusan dan memahami dirinya sendiri. Dengan adanya bimbingan karir di tingkat sekolah dasar dapat mencegah peserta didik kebingungan dalam mentukan pilihan jenjang pendidikan selanjutnya dan dapat mempersiapkan diri untuk dapat mencapai karir yang diingingkan. Hal ini dikarenakan dalam usia peserta didik di tingkat sekolah dasar merupakan usia yang dalam perkembangan karir masuk dalam fase fantasi yang mana mempertanyakan berbagai hal terkait profesi seperti, guru itu apa, dokter itu apa dan lain sebagainya. Sehingga, apabila bimbingan dan konseling karir telah diberikan sejak dini akan dapat mempengaruhi peserta didik dalam melangkah kedepannya.