PENTINGNYA KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA YANG TERGOLONG SPECIAL NEED CHILDREN
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v3i2.440Keywords:
keterampilan komunikasi, special need children, siswa, komunikasi guruAbstract
Dalam dunia pendidikan di sekolah diperlukan komunikasi antar pribadi yang baik antara guru dan siswa sehingga tercipta hubungan antar pribadi yang lebih mendalam yang memungkinkan terciptanya proses penyampaian pesan berupa materi pembelajaran secara lebih maksimal. Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang dilakukan oleh orang-orang secara langsung sehingga orang-orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut dapat menerima reaksi atau respon lawan bicara secara langsung baik secara verbal maupun non verbal karena dilakukan secara tatap muka langsung. Bagi anak berkebutuhan khusus, diperlukan peran komunikasi yang baik antara guru dengan siswa. Guru harus mampu menyampaikan pesan kepada siswa dengan baik. Guru juga diharapkan terus berupaya untuk mengembangkan cara berinteraksi dan berkomunikasi agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh siswa berkebutuhan khusus. Selain itu, siswa berkebutuhan khusus juga memerlukan bantuan dari guru untuk membangun rasa percaya diri agar mereka mampu berinteraksi secara nyaman di masyarakat hingga nantinya siswa mampu hidup membaur bersama masyarakat normal lainnya sebagai individu dengan keterbatasan diri yang mampu hidup sendiri tanpa ketergantungan terhadap bantuan dari orang tua ataupun warga masyarakat sekitarnya. Untuk membantu siswa yang tergolong anak berkebutuhan khusus, guru harus mampu menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik.