ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Authors

  • Winda Ade Ariani
  • widya kartika sari

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i1.732

Keywords:

keterampilan;komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa. Objek perlakukan adalah siswa – siswa kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Populasi penelitian sebanyak 280 orang siswa, sampel diambil menjadi 30 orang siswa yang mengalami kurang keterampilan komunikasi seperti kontak mata yang kurang, bahasa tubuh yang sulit di ekspresikan, pemilihan kata dan bahasa  yang kurang tepat, kurang keberanian mengungkapkan pendapat dan intonasi suara yang kurang jelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup model skala Likert . Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) keterampilan komunikasi siswa berada pada kategori cenderung rendah. (2) Implikasi temuan untuk layanan bimbingan konseling yaitu sebagai dasar  penyusunan  program pelayanan bimbingan konseling  yang dapat membentuk dan meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.

 

Downloads

Published

2019-07-19