ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i1.732Keywords:
keterampilan;komunikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa. Objek perlakukan adalah siswa – siswa kelas X SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Populasi penelitian sebanyak 280 orang siswa, sampel diambil menjadi 30 orang siswa yang mengalami kurang keterampilan komunikasi seperti kontak mata yang kurang, bahasa tubuh yang sulit di ekspresikan, pemilihan kata dan bahasa yang kurang tepat, kurang keberanian mengungkapkan pendapat dan intonasi suara yang kurang jelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup model skala Likert . Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) keterampilan komunikasi siswa berada pada kategori cenderung rendah. (2) Implikasi temuan untuk layanan bimbingan konseling yaitu sebagai dasar penyusunan program pelayanan bimbingan konseling yang dapat membentuk dan meningkatkan keterampilan komunikasi siswa.