PENDEKATAN OBJEKTIF DALAM MENGAPRESIASI TEKS DRAMA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • WASMANA WASMANA SD Negeri Pondok Bambu 04 Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i1.757

Keywords:

Pendekatan Objektif, Apresiasi, Drama.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas dan kemampuan siswa dalam mengapresiasi  teks drama di kelas VI Sekolah Dasar.Terkait dengan permasalahan tersebut maka yang menjadi masalah dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana aktivitas mengapresiasi  teks drama pada siswa kelas VI Sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan objektif?, 2) Bagaimana kemampuan mengapresiasi teks drama  pada siswa kelas VI Sekolah Dasar setelah menerapkan pendekatan objektif? Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas dan kemampuan pembelajaran mengapresiasi teks drama dengan pendekatan objektif.  Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yaitu model Hopkins yang peneliti kembangkan kedalam tiga siklus pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Subjek penelitian sebanyak 44 orang siswa kelas VI SDN Sinarjari. Pengumpulan data penelitian dengan lembar observasi, catatan lapangan, tes, penilaian aktivitas, LKS, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) Aktivitas siswa mengapresiasi teks dramapada siswa kelas VI Sekolah Dasar menggunakan pendekatan objektif meningkat. Peningkatan aktivitas ditunjukan dengan peningkatan skor rata-rata mulai siklus I yaitu 1,83, siklus II yaitu 2,27, siklus III yaitu 3,40. Selain itu ditunjukan dengan peningkatan rata-rata nilai LKS sebagai berikut, nilai rata-rata siklus I yaitu 65,05, nilai rata-rata siklus II yaitu 71,67, dan nilai rata-rata siklus III yaitu 88,89. 2) Kemampuan mengapresiasi teks drama  pada siswa kelas VI Sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan objektif meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai evaluasi siklus I yaitu 51,35, rata-rata nilai evaluasi siklus II yaitu 66,05, dan rata-rata nilai evaluasi siklus III yaitu 76,13. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan objekif dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam mengapresiasi teks drama di kelas VI Sekolah Dasar. Peneliti merekomendasikan bagipenelitian berikutnya supaya mengembangkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi teks drama.

Downloads

Published

2019-07-19