PENERAPAN CERITA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENALARAN MORAL PADA ANAK

  • syukri amin UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Abstract

Menurunnya kualitas moral yang terjadi sekarang ini khususnya pada anak, ditengarai karena minimnya pemahaman mereka terhadap nilai moral itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cerita Islami dengan penalaran moral. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas SD N 4, SD N 26, dan SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini 126 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan penalaran cerita islami dengan penalaran moral (F=1,530 dan p=0,130 . 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa penalaran moral pada anak membutuhkan proses dan menjadi tanggung jawab semua orang dewasa disekitar anak seperti orangtua, saudara, guru, dan orang-orang di lingkungan sekotar anak yang peduli akan perkembangan moral anak.

Published
2019-11-28
How to Cite
AMIN, syukri. PENERAPAN CERITA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENALARAN MORAL PADA ANAK. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 10-18, nov. 2019. ISSN 2615-3297. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/psikodidaktika/article/view/964>. Date accessed: 27 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v4i2.964.