Takaran Bokashi Jerami Sebagai Sumber Pupuk Organik pada 5 Galur/Varietas Tomat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32663/ja.v6i1.183

Keywords:

Bokashi Jerami, Pupuk Organik, tomat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan takaran bokashi jerami terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil 5 galur/varietas tomat, untuk mendapatkan galur/varietas tomat yang potensial pada pemakaian bokashi jerami, dan untuk mendapatkan interaksi takaran bokashi jerami dan galur/varietas tomat yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil.

Penelitian dilaksanakan di Kandang Mas Mulya Kota Bengkulu menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial 3 ulangan. Faktor pertama takaran bokashi jerami terdiri dari tanpa bokashi jerami; Bokashi jerami 10 ton/ha; 20 ton/ha; dan 30 ton/ha. Faktor kedua Galur/Varietas tomat , yaitu: G5 (LV 3644), G8 (LV 3681), G10 (BPH 1604), G13 ( Lokal), dan G15 (Panah Merah). Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Fisher dilanjutkan dengan uji DMRT 5 %.

Takaran bokashi jerami berpengaruh sangat nyata terhadap umur panen, berpengaruh nyata terhadap jumlah tandan buah pertanaman, dan berpengaruh tidak nyata terhadap peubah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan tanpa penggunaan bokashi jerami memberikan pertumbuhan dan hasil terbaik bagi galur/varietas tomat.

Perlakuan Galur/Varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 4 minggu setelah tanam, jumlah cabang umur 4 minggu setelah tanam, dan umur panen, berpengaruh nyata terhadap jumlah tandan buah pertanaman dan jumlah buah pertanaman, serta berpengaruh tidak nyata terhadap peubah lainnya. Galur/varietas yang potensial adalah G13 (Varietas Lokal)

Interaksi Takaran Bokashi Jerami dengan Galur/Varietas berpengaruh sangat nyata terhadap umur panen, dan berpengaruh tidak nyata terhadap peubah lainnya.

Author Biography

  • Danner Sagala, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

    Program Studi Agronomi

References

Anonim. 1996. Pedoman Penggunaan EM-4 bagi Negara-Negara Asia Pasifik. Nature Agriculture Network (APNAN) Deptan. Pendidikan dan Pelatihan Pertanian.

----------. 1998. Cara Pembuatan Bokashi. Kanwil Propinsi Jawa Barat. Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah Wil. IV Cimanuk.

-----------. 2001. Tomat Pembudidayaan secara Komersial. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nurseha. 2006. Takaran Pupuk Bokashi Jerami dalam Mensubstitusi Pupuk Sintetis (Urea, SP-36, dan KCl) pada Budidaya Cabai (Capsicum annuum L.) Organik. Laporan penelitian LPPM Unihaz. Bengkulu.

Nurseha dan Sri Rustianti. 2004. Pengaruh Bokashi Jerami dan EM-4 terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabe Merah. Jurnal Agroqua, 2 (1): 1-8.

Steel, R.,G.,D. and J., H. Torrie. 1980. Principles and Procedures of Statistics. Alih Bahasa. Sumantri, B. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistik. Gramedia. Jakarta.

Toha, Handajaningsih, Hidayat, Marwanto, dan Adiprasetyo. 2002. Budidaya Sayuran. Diktat Pertanian Bengkulu.

Published

2008-06-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>