Karakterisasi Sifat Agronomi Tanaman Tiga Varietas Cabe Lokal Kabupaten Kepahyang

Penulis

  • Asfaruddin Asfaruddin Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Farida Aryani Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

Kata Kunci:

varietas lokal, karakter agronomi, pemupukan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter Agronomi pada beberapa varietas cabe lokal Kabupaten Kepahiang, penelitian ini dilaksanakan di Desa Tugurejo, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahyang, Propinsi Bengkulu. Lahan penelitian yang digunakan termasuk  dataran  tinggi.  Bahan  yang  digunakan  adalah  benih  lokal  di  Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahyang (VArietas Cabe Wulung, Varietas cabe Aceh, varietas cabe pendek), pupuk kandang (kotoran ayam) pupuk organik cair, pupuk kimia alat yang digunakan adalah cangkul, tengki semprot, arit, ember, ajir, mulsa, meteran, trypoot, plastik UV dan alat tulir. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor, faktor pertama terdiri dari 3 jenis pupuk olahan yaitu P1 (Pupuk Organik Cair), P2 (Pupuk Kandang) dan P3 (Pupuk Kimia), faktor kedua adalah varietas cabe lokal yaitu V1 (Varietas Wulung), V2 Varietas aceh, V3 (Varietas pendek). Setiap perlakuan diulang tiga kali. Peubah yang diamati: tinggi   tanaman, jumlah buah panen per tanaman, diameter buah, panjang buah, bobot buah total : bobot kering buah, umur berbunga, umur panen. Tinggi tanaman dengan perlakuan pupuk kandang berbeda nyata dengan perlakuan  pupuk cair dan pupuk kimia, jumlah  buah pertanaman  varietas  cabe wulung berbeda nyata dengan varietas pendek dan varietas aceh. Diameter buah dan panjang buah varietas cabe aceh berbeda nyata dengan varietas cabe pendek dan varietas wulung.

Referensi

Agus Kardinan. 2011. Budidaya Tanaman Cabe Kriting dengan pemasangan Mulsa Plastik. Penebar Swadaya. Jakarta.
Departemen Pertanian. 2008. Hortikultura Komditi Cabe Tingkat provinsi Tahun 2000 – 2009. www.deptan.go.id
Djanifah D. 2006. Hasil Penelitian Tentang Penggunaan Pupuk dan Dosis Pupuk Kandang. IPB. Bogor.
Duriat.A.S.1996. Hasil Penelitian Tentang produktivitas Tanaman Cabe Pusat Pengembangan dan Penelitian Hortikultura. Jakarta.
Final, Prajnanta. 2011. Agribisnis Cabe Hibrida. Penebar Swadaya. Jakarta.
hhtp://desagunungrejo.wordpress.com/2012 103/potensi-cabe-lokal-keriting
Nasih. 2011. Petunjuk Penggunaan Pupuk, Kanisius. Yogyakarta.
Prajnanta. 1999. Budidaya Tanaman Cabe. Penebar Swadaya. Jakarta.
Widodo. 2005. Hasil Penelitian Tentang Pemanfaatan Tanaman padi Lokal di Kebun Tebeng Bengkulu. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Unduhan

Diterbitkan

2017-10-13

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2