Pengetahuan dan Sikap Kesiapsiagaan Siswa SMP Dalam Menghadapi Bencana Gunungapi Gamalama Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v5i2.1526Abstract
Abstrak
Bencan alam di Indonesia setiap tahun terus megalami peningkatan, baik itu bencana geologi maupun bencana hidrometeorologi. Salah satu bencana yang sering terjadi di Kota Ternate adalah bencana alam letusan Gunungapi Gamalama. Letusan Gunungapi Gamalama memiliki bahaya secara langsung maupun tidak langsung, sehingga sangat membahayakan masyarakat khususnya siswa di SMP. Oleh karena itu perlu diketahui pengetahuan bencana dan sikap kesiapsiagaan siswa, serta pengaruh pengetahuan bencana terhadap sikap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana alam Gunungapi Gamalama. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 151 siswa, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis secara deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan bencana siswa secara keseluruhan kategori “baik”. Demikian juga Sikap kesiapsiagaan siswa secara keseluruhan kategori “baik”. Kemudian hasil analisis regresi linier sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan bencana dengan sikap kesiapsiagaan siswa. Pengetahuan tentang bencana perlu ditingkatkan bagi sekolah yang berada di kawasan rawan bencana Gunungapi Gamalama melalui pembelajaran di sekolah, agar siswa memiliki kesiapsiagaan saat menghadapi bencana.
Kata Kunci: Pengetahuan Bencana, sikap Kesiapsiagaan Siswa
Downloads
References
BNPB. (2020). Laporan Kinerja Tahun 2019. Jakarta: BNPB.
Baharudin, R., Martono A., and Djuhara A. (1996). Peta Kawasan Rawan Bencana Gunungapi Gamalama Ternate Maluku. Bandung, Direktorat Vulkanologi.
Codreanu, T. A., Celenza, A., & Alabdulkarim, A. A. R. (2015). Factors Associated with Discussion of Disasters by Final Year High School Students: An International Cross-sectional Survey. Prehospital and Disaster Medicine, 30(4), 365–373. https://doi.org/10.1017/S1049023X15004896
Direktorat Kesiapsiagaan. (2018). Buku Panduan Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April 2018. Jakarta: BNPB.
Harahap, M. E., Lufti, M., & Muthalib, A. (2015). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok Tahun 2011. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA 1(1), 10.
Khasanah, I. (2016). Kajian Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Kesiapsiagaan Siswa SMP Dalam Menghadapi Bencana Erupsi Gunung Merapi Di Kabupaten Magelang. Skripsi: FIS. UNNES. http://lib.unnes.ac.id/27385/
Kamil, P. A., Utaya, S., Sumarmi, & Utomo, D. H. (2020). Improving Disaster Knowledge Within High School Students Through Geographic Literacy. International Journal of Disaster Risk Reduction, 43, 101411. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101411
Kurniawati, D., & Suwito. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi), 2(2). https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3507
Marfai M. A., Mei E. T. W., and Retnowati A. (2019). Pengurangan Resiko Bencana Gunungapi Gamalama Ternate. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, pp. 1-142.
Ningtyas, B., A. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kebencanaan Terhadap Sikap Kesiapsiagaan Warga Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor Di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun 2014. Skripsi: FIS. UNNES. https://lib.unnes.ac.id/20743/1/3201410052-s.pdf
Pamungkasih, W., & Atun, S. (2020). Students’ Knowledge And Attitudes Facing Disaster Preparedness Volcanic Eruptions: A case study in Merapi Mt. areas. Journal of Physics: Conference Series, 1440, 012099. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012099
Rañeses, M. K., Chang-Richards. A., Richards. J., and Bubb. B. (2018). Measuring the Level of Disaster Preparedness in Auckland. Procedia Engineering 212:419–26. doi: 10.1016/j.proeng.2018.01.054.
Rosida, F., & Adi, K. R. (2017). Studi Eksplorasi Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.17977/um022v2i12017p001
Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Songlar, T., Pussadee La-or, N. P., Chomchoe, C., & Khunthason, S. (2019). Knowledge, Attitude And Practice (KAP) of Earthquake Preparedness Amongst The Elderly In Risk Areas: Chiang Rai, Thailand. Journal of Health Research, 33(1), 2–13. https://doi.org/10.1108/JHR-12-2018-0167
Sakurai, A., Bisrib, M.B.F., Odac, T., Oktarid, R.S., Murayamae, Y., Nizammudinf., and Affang M. (2018). Exploring Minimum Essentials For Sustainable School Disaster Preparedness: A Case Of Elementary Schools in Banda Aceh City, Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction. 29:73-83.
Tuswadi, & Hayashi, T. (2014). Disaster Prevention Education in Merapi Volcano Area Primary Schools: Focusing on Students’ Perception and Teachers’ Performance. Procedia Environmental Sciences, 20, 668–677. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2014.03.080
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.